Jurusan Kriminologi di Indonesia

gurune.net – Jurusan kriminologi di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jurusan yang masih cukup langka di Indonesia. Jurusan yang kali ini gurune akan bahas adalah jurusan kriminologi.

Di Indonesia saja tercatat baru ada 3 kampus yang membuka jurusan kriminologi untuk jenjang S1.

Jurusan Kriminologi

Kata kriminologi berasal dari bahasa Latin, yaitu gabungan crimen yang artinya kejahatan dan logos yang artinya ilmu

Ilmu Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Ilmu ini merupakan gabungan dari ilmu Hukum, Sosiologi, Psikologi, Politik, juga Jurnalistik

Jurusan ini akan mempelajari cara menganalisis fenomena kejahatan, mulai dari penyebab, dampak, dan penanggulangannya. Empat fokus bahasan pada kriminologi, yaitu pelaku, korban, tindak kejahatan, dan respons masyarakat terhadap kejahatan yang terjadi.

Artinya, jurusan ini bukan sekadar mengurus aksi kriminalnya saja, melainkan juga manusia sebagai pelaku atau korban.

Seorang kriminolog, bertugas membantu menegakkan keadilan karena akan memberi pencerahan tentang suatu peristiwa kejahatan, sehingga keadilan pun akan ditegakkan.

Jurusan Kriminologi Belajar Apa?

Ilmu Krimonologi yang ada di kampus terbagi menjadi beberapa pilihan konsentrasi. Diantaranya adalah Kepenjaraan, Kriminologi Teoritis, Industrial Sekuriti, Kriminologi Jurnalistik, Kejahatan Transnasional, Cyber Crime, hingga Penegakan Hukum

Pada perkuliahan jurusan kriminologi, sobat guru akan banyak melakukan penelitian sosial untu menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum.

Disini sobat guru akan belajar untuk melihat suatu tindak kriminal dari kacamata pelaku maupun korban. Bagaimana interaksi sebuah lingkungan dalam masyarakat memengaruhi tindak kriminal.

Dari aspek hukum sobat guru akan belajar menelaah berbagai pelanggaran hukum berdasarkan pasal-pasal yang dilanggar. Hingga menuliskannya ke dalam narasi berita kriminal yang berimbang.

Baca Juga :  Asal Usul Burung Cenderawasih

Yang tidak kalah menarik, pada jurusan ini sobat guru juga akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Disini mahasiswa akan belajar menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai dari kenakalan remaja yang kecil, kejahatan yang bersifat gaib, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional.

Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru terima adalah Etnografi Kejahatan di Indonesia, Teror dan Terorisme, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Kriminologi dan Pembangunan, Kejahatan Terencana, Sistem Peradilan Pidana, Hak Asasi Manusia, Strategi Pencegahan Kejahatan, Kejahatan Seksual, Kejahatan Lingkungan, Viktimologi, Jurnalistik Investigasi, dan masih banyak lainnya.

Peluang Kerja Lulusan Kriminologi

Lulusan Jurusan Kriminologi sangat dibutuhkan di Kepolisian, Kejaksaan, atau Pengadilan.

Selain itu, lulusan Jurusan Kriminologi juga bisa berkarier di berbagai lembaga Negara lainnya seperti :
a. Badan Intelijen Negara (BIN),
b. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
c. Kementerian Hukum dan HAM,
d. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT),
e. Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan),
f. Badan Narkotika Nasional (BNN),
g. dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)
h. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Selain pada lembaga Negara diatas, lulusan kriminologi juga bisa memilih berkarier sebagai Kriminolog, Jurnalis, Analis data, Intelijen, Peneliti, Konsultan, Spesialis Manajemen Keamanan dan juga Dosen.

Daftar Jurusan Kriminologi di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Indonesia Kriminologi S1 Unggul
Universitas Islam Riau Kriminologi S1 B
Universitas Budi Luhur Kriminologi S1 B

*sumber data : BAN-PT

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.