Jurusan Metalurgi di Indonesia

gurune.net – Jurusan Metalurgi di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas perkuliahan jurusan metalurgi. Jurusan ini termasuk jurusan yang cukup langka dan rendah peminat meskipun kebutuhannya cukup tinggi.

Jurusan Teknik Metalurgi

Dalam Bahasa Yunani, Metalurgi berarti proses ekstraksi logam dari mineral. Teknik metalurgi akan mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam. Secara sederhana metalurgi berarti mempelajari sifat-sifat kimia didalam logam.

Seiring berjalannya waktu, metalurgi tidak hanya berkaitan dengan ekstraksi logam saja melainkan juga produksi logam, pengerjaan dan pengolahan logam, hingga logam bisa dimanfaatkan.

Dengan memahami kandungan kimia yang dimiliki masing-masing logam, kita akan memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari

Melansir dari laman teknik metalurgi universitas Indonesia, Mahasiswa Teknik Metalurgi diharapkan menguasai sifat dan cara pembuatan material yang ditemui sehari-hari. Sepeti badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti nanomaterial, titanum dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor.

Teknik Metalurgi Belajar Apa?

Pembelajaran di Teknik Metalurgi & Material diarahkan pada tiga jenis material utama yaitu logam, polimer dan keramik
Jurusan ini masuk dalam bidang ilmu keteknikan yang khusus mendalami proses pengolahan mineral, proses ekstraksi serta pembuatan paduan logam, penguatan logam, degradasi logam, juga mempelajari hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya.

Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru dapatkan pada jurusan ini adalah kimia analitik, refraktori, coating, termodinamika metalurgi, kimia fisik, metode numerik, hingga teknik tenaga listrik dan proses pirometalurgi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Simbol Cuaca, Kelas 3 SD.

Mata kuliah di teknik ini memang cukup didominasi oleh kimia sebab pengolahan logam memang banyak melibatkan reaksi kimia. Jadi untuk sobat guru yang menyukai kimia, jurusan ini sangat cocok untuk ditekuni.

Teknik Metalurgi ITB, pada laman resminya menuliskan bahwa teknik metalurgi akan memfokuskan bahasan pada :
a. Pemisahan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan
b. Memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam
c. Pembentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam.
d. Hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya

Peluang Kerja Lulusan teknik Metalurgi

Setiap tahun, peluang kerja untuk lulusan Jurusan Teknik Metalurgi terus meningkat. Beberapa bidang pekerjaan yang terbuka untuk lulusan metalurgi adalah manager produksi industri baja atau besi, tenaga ahli dalam perusahaan, ahli teknik dalam sektor produksi dan engineering maupun sebagai quality control pada perusahaan logam dan mineral.

Industri minyak dan tambang pun membutuhkan lulusan jurusan metalurgi. Lulusan metalurgi nantinya bertugas dalam melakukan pengecekan kondisi struktur baja yang bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Alumni metalurgi juga bisa bekerja di berbagai lapangan pekerjaan seperti di industri pertambangan, industri baja, industri logam, manufaktur, industri minyak dan gas, perusahaan jasa konsultan, pemasaran, pemerintahan, lembaga penelitian, dan menjadi tenaga pendidik di perguruan tinggi.

Jurusan Teknik Metalurgi di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Teknologi Sumbawa Teknik Metalurgi S1 Baik
Universitas Indonesia Teknik Metalurgi Dan Material S1 Unggul
Universitas Jenderal Achmad Yani Teknik Metalurgi S1 B
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Teknik Metalurgi S1 C
Institut Teknologi Sains Bandung Teknik Metalurgi S1 C
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Teknik Metalurgi S1 A
Institut Teknologi Kalimantan Teknik Material Dan Metalurgi S1 B
Politeknik Energi Dan Pertambangan Bandung Teknologi Metalurgi D-III Baik
Baca Juga :  Gambar Komik hak dan kewajibanmu sebagai seorang siswa maupun sebagai seorang anak

Sumber data : BAN-PT

Penutup

Demikian informasi Jurusan Metalurgi di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.