Jurusan Robotika di Indonesia

gurune.net – Jurusan Robotika di Indonesia. Halo sobat guru! Kali in gurune akan bagikan informasi perkuliahan jurusan robotika dan peluang kerjanya.

Sekarang, generasi milenial dituntut untuk melek teknologi. Sebab zaman terus berubah dan sekarang hampir semuanya dikerjakan dengan bantuan teknologi

Jurusan Robotika

Jurusan ini merupakan perpaduan beberapa ilmu diantaranya adalah sistem ilmu mekanika, elektronika, serta ilmu komputer.

Teknik Robotika akan mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakuin oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

Selain pengembangan robotika, jurusan ini biasanya disertai ilmu tentang kecerdasan buatan. Dari perpaduan tersebut, harapannya akan ada karya berupa sistem yang cerdas dan bisa memberi manfaat bagi kehidupan manusia.

Mata Kuliah Jurusan Robotika

Dilansir dari laman resmi jurusan teknik robotika dan kecerdasan buatan Universitas Airlangga, harapannya mahasiswa jurusan ini  mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas dan mampu mengembangkan penelitian baik dalam pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) yang berorientasi pada aplikasi di dunia industri secara luas.

Lebih luas lagi, mahasiswa diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama lembaga pemerintah dan industri pada bidang Robotika dan Otomasi serta bidang Kecerdasan Buatan.

Dalam Jurusan Teknik Robotika kita akan belajar beberapa bidang ilmu . Mulai dari fisika. matematika, elektro, dan komputer. Semua itu akan sobat guru pelajari lebih dalam dan mendetail agar bisa merancang sebuah robot yang canggih dan juga produktif.

Baca Juga :  Bacaan Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Dalam akhir masa studi, biasanya mahasiswa akan mengerjakan tugas akhir berupa tugas membuat sebuah robot sederhana baik itu pengerjaan secara kelompok atau individu.

Beberapa mata kuliah pada jurusan ini adalah dasar pemrograman, Mekanika teknik, rangkain listrik, kecerdasan buatan, elektronika, sensor, sistem control, dan lainnya

Peluang Kerja Lulusan Teknik Robotika

Saat ini robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) adalah hal yang paling berkembang pesat. Robot dan kecerdasan buatan diterapkan dalam berbagai bidang yang manfaatnya sangat besar untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, robot dan kecerdasan buatan mulai berkembang dan mulai banyak penerapanya di berbagai sektor.

Beberapa prospek karir untuk lulusan dari jurusan ini adalah tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, software developer, wirausahawan di bidang robotika atau AI, peneliti dan pengembang (R&D) robotika dan AI dan masih banyak lagi.

Selain itu, lulusan jurusan robotika juga dapat bekerja sebagai Insinyur Perangkat Lunak (Software Engineering)Data ScientistProgrammer (Software Developer)Perancang dan Teknisi MesinTeknisi Robot (Robot Engineer)Teknisi Listrik (Electrical Engineer)

Jurusan Robotika di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Politeknik Negeri Batam Teknik Robotika D-IV Baik
Universitas Pendidikan Indonesia Pendidikan Teknik Otomasi Industri Dan Robotika S1 Baik
Universitas Airlangga Teknik Robotika Dan Kecerdasan Buatan S1 Baik

Sumber data : BAN-PT

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

 

Pencarian Populer : jurusan robotika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.