Jurusan Teknik Dirgantara dan Penerbangan di Indonesia

gurune.net – Jurusan Teknik Dirgantara dan Penerbangan di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas informasi perkuliah pada jurusan Teknik dirgantara atau teknik penerbangan.

Teknik Dirgantara dan Penerbangan

Jurusan Teknik Dirgantara atau orang sering menyebutnya dengan nama Teknik Penerbangan, merupakan jurusan yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan teknis pesawat, penerbangan serta kedirgantaraan.

Sobat guru juga akan mempelajari tentang mesin pesawat, bagaimana teknisnya, teknologi transportasi udara, dan masih banyak hal menarik dalam penerbangan lainnya.

Beberapa kampus menggunakan penamaan yang berbeda untuk jurusan ini. Ada yang menggunakan nama teknik dirgantara ada juga yang menamainya dengan Teknik Penerbangan.

Apa Beda Teknik Dirgantara dan Teknik Penerbangan

Teknik dirgantara memiliki subjek yang lebih luas dari pada teknik penerbangan.
Sementara teknik penerbangan terbatas pada desain dan pengembangan pesawat yang terbang di dalam atmosfer bumi, sedangkan teknik dirgantara adalah studi tentang semua pesawat yang terbang di dalam maupun di luar lingkungan bumi.

Peluang Kerja

Perlu diketahui, lulusan teknik dirgantara dan teknik penerbangan bukan disiapkan untuk menjadi pilot. Melainkan mereka akan menjadi bagian teknik dari industri penerbangan atau kedirgantaraan.

Lulusan Teknik Penerbangan juga berkesempatan bekerja di beberapa BUMN terkemuka milik pemerintah seperti LAPAN atau Angkasa Pura.

Bukan itu saja, sobat guru juga bisa berkarier di TNI yaitu pada Sekbang-AU dan Dislitbang –AU atau bisa juga bekerja di LAPAN ataupun Pusdislitbang milik TNI AU.

Dilansir dari laman resmi program studi ITB, Alumni teknik dirgantara juga mempunyai peluang kerja di sector industry. Misalnya :
a. industri manufaktur (PT. DI)
b.  industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI ), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar.
c.  industri jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peta Pikiran Dari bacaan “Hari Menanam Pohon”

Jurusan Teknik Penerbangan di Indonesia

Perguruang Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Teknik Penerbangan S1 B
Universitas Nurtanio Teknik Penerbangan S1 B
Universitas Lintas Internasional Indonesia Teknik Penerbangan S1 C
Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Teknik Penerbangan S1 B

Jurusan Teknik Dirgantara di Indonesia

Perguruang Tinggi Jurusan Jenjang Akreditasi
Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Teknik Dirgantara S1 B
Institut Teknologi Bandung Teknik Dirgantara S1 Unggul
Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Teknik Dirgantara S1 B
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Teknik Dirgantara S1 B

*sumber data : BAN-PT

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.