Jurusan Teknik Geodesi di Indonesia

gurune.net – Jurusan Teknik Geodesi di Indonesia. Halo sobat guru, tahukah kamu jurusan teknik geodesi? Atau malah sebelumnya pernah mendengar jurusan ini? Kali ini gurune berkesempatan untuk membahas jurusan ini. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Jurusan Geodesi Belajar Apa?

Geodesi adalah salah satu ilmu-ilmu kebumian tertua yang sangat terkait erat dengan lingkungan fisik bumi, yaitu mulai dari masalah banjir Sungai Nil di Mesir kuno (2000 tahun sebelum Masehi) sampai dengan masalah kini mengenai pemantauan gerakan kerak bumi.

Menurut IAG (International Association Of Geodesy, 1979), Geodesi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari Bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu. Sejak zaman dahulu, Ilmu Geodesi digunakan oleh manusia untuk keperluan navigasi

Geodesi identik dengan kegiatan pengukuran dan proses pembuatan peta sehingga mahasiswa dituntut bisa memahamai dan menguasi metode mulai dari akuisisi data, pengolahan, penyajian, analisis hingga proses pengambilan keputusan untuk diaplikasikan dalam pekerjaan sehari – hari.

Sehingga tak heran jika mahasiswa geodesi harus memiliki kemampuan perhitungan dan analisa, menyenangi pemrosesan data menggunakan perangkat lunak dalam komputer, dan menyukai pekerjaan di lapangan.

Peluang Kerja Lulusan Teknik Geodesi

Bidang Kerja Lulusan Teknik Geodesi erat kaitannya dengan proyek/pekerjaan sipil baik skala besar maupun kecil. Misalnya pembukaan penambangan migas di darat/hutan atau di lautan samudera, infrastruktur jalan, irigasi, gedung-gedung, jaringan rel KA, bandara dan lain-lain.

Beberapa bidang kerja bagi lulusan teknik geodesi adalah di Lembaga pemerintahan seperti Badan Pertanahan nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa, Kementerian ESDM, Lembaga riset , Industri swasta, maupun sebagai tenaga pendidik

Baca Juga :  Masa pergerakan kebangsaan di Indonesia

Jurusan Teknik Geodesi di Indonesia

Tidak banyak kampus di Indonesia yang membuka jurusan ini. Setidaknya hanya ada 9 kampus baik itu negeri maupun swasta. Kali ini gurune bagikan daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik geodesi untuk strata S-1 beserta akreditasi berdasarkan BAN-PT.

Perguruan Tinggi

Jurusan Akreditasi

Status

Institut Teknologi Bandung Teknik geodesi dan Geomatika

Unggul

Negeri

Universitas Gadjah Mada Teknik geodesi

Unggul

Negeri

Universitas Pakuan Teknik geodesi

A

Swasta

Universitas Winaya Mukti Teknik geodesi

B

Swasta

Universitas Lampung Teknik geodesi

B

Negeri

Institut Teknologi Nasional Malang Teknik geodesi

B

Swasta

Institut Teknologi Nasional Bandung Teknik geodesi

B

Swasta

Universitas Diponegoro Teknik geodesi

A

Negeri

Institut Teknologi Padang Teknik geodesi

B

Swasta

Penutup

Demikian Informasi mengenai jurusan teknik geodesi yang bisa gurune bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.