Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia

gurune.net – Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia . Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas perkuliahan teknik industry dan peluang kerja lulusannya.

Teknik Industri

Teknik Industri atau Industrial Engineering merupakan bidang ilmu yang mendalami tentang proses industri melalui kacamata teknik dan manajemen

Sehingga tak jarang orang menyebut teknik industri adalah jurusan teknik yang paling beda. Pasalnya jurusan ini tak hanya belajar ilmu eksak tetapi juga mempelajari ilmu sosial.

Teknik industri merupakan bagian dari ilmu teknik yang mempelajari bidang desain, perbaikan, dan penggunaan dari sistem integral yang terdiri dari unsur-unsur manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan serta energy.

Pada perkuliahan teknik industri , sobat guru akan mempelajari pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan dasar keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design).

Namun, obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain, melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Teknik Industri mempunyai tantangan bagaimana menjalankan sistem terintegrasi tersebut dengan prinsip efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pada teknik industri sobat guru tak hanya belajar mengenai keilmuan teknik tetapi juga ilmu sosial. Beberapa ilmu sosial yang akan sobat guru pelajari adalah ilmu-ilmu manajemen dan ilmu sosial. Misalnya manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, ekonomi, akuntansi biaya, dan psikologi industri. Ilmu-ilmu ini diperlukan dalam rangka melakukan perancangan sistem integral.

Baca Juga :  Lagu Pelangi-Pelangi Kelas 2

Selain itu sobat guru tentunya akan mendapatkan ilmu di bidang Fisika, Kimia, Statistika, Kalkulus dan Matematika. Beberapa mata kuliah lainnya adalah ilmu tentang Sistem Produksi, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja, Proses Manufaktur, dan masih banyak lagi

Peluang Kerja Lulusan Teknik Industri

Karena cakupan ilmu yang dipelajari sangat luas, seorang alumni Teknik Industri juga memiliki peluang kerja yang sangat luas. Beberapa diantaranya adalah sebagai Engineering Manager, Project Manager, Product Analyst, Health and Safety Officer, Human Resource, dan lainnya.

Bidang kerja lulusan teknik industri juga cukup luas mencakup bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu, sistem informasi, bidang pemasaran, bidang logistic, bidang manajemen sumber daya manusia, bidang keuangan (bank dan asuransi), bidang konsultasi manajemen, dan lainnya.

Daftar Jurusan Teknik Industri Terakreditasi A BAN-PT

a. Universitas Brawijaya
b. Institut Teknologi Nasional Bandung
c. Universitas Sebelas Maret
d. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
e. Universitas Widyatama
f. Institut Pertanian Bogor
g. Universitas Muhammadiyah Malang
h. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
i. Universitas Kristen Petra
j.Universitas Hasanuddin
k. Universitas Gunadarma
l. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
m. Universitas Muhammadiyah Surakarta
n. Universitas Pasundan

Daftar Jurusan Teknik Industri Terakreditasi Unggul BAN-PT

a. Universitas Telkom
b. Universitas Indonesia
c. Universitas Surabaya
d. Universitas Trisakti
e. Universitas Katolik Parahyangan
f. Universitas Bina Nusantara
g. Universitas Diponegoro
h. Universitas Islam Indonesia
i. Universitas Sumatera Utara
j. Universitas Gadjah Mada
k. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
l. Institut Teknologi Bandung
m. Universitas Andalas

*sumber data BAN-PT

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.