Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Windows 11 (nama kode: Sun Valley) adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini menjadi penerus Windows 10. Windows 11 diumumkan di acara Microsoft pada 24 Juni 2021, pukul 11 pagi ET (3 sore UTC), dan dirilis resmi pada 5 Oktober 2021. Windows 11 merupakan sistem operasi regenerasi dari Windows 10X untuk perangkat model lipat namun dibatalkan dengan alasan tidak akan mendapat kepopuleran yang besar seperti Windows 10.

Windows 11 menampilkan antarmuka pengguna yang diperbarui yang mengikuti pedoman Fluent Design Microsoft; dengan dominasi elemen transparan, bayangan, dan sudut membulat di seluruh antarmuka sistem. Menu Start didesain ulang, menghilangkan ubin di sisi kanan. Bilah tugas (taskbar) juga disederhanakan dan dipusatkan secara default. Task View, fitur baru yang diperkenalkan di Windows 10, menampilkan desain yang diperbarui. Perubahan lain pada sistem termasuk ikon sistem baru, suara, dan widget. Sebagian besar antarmuka dan menu hampir serupa dengan rilis Windows 10X yang sekarang dibatalkan.

Kelebihan Windows 11

Berikut beberapa kkelebihan Windows 11 dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya yaitu Windows 10 :

 

1. Tampilan Desain Windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Tampilan Windows 11, Desain Lebih Responsif dari Windows 10? - Seputar Tangsel

Keunggulan yang pertama yang dimiliki Windows 11 yaitu, memiliki tampilan baru yang lebih fresh, dibandingkan versi sebelumnya yaitu Windows 10.

Baca Juga :  Perbedaan Kabel UTP cat5, cat5e, cat6 dan cat7

2. Tampilan Menu Setting di Windows 11

Pada menu setting yang baru, Windows 11 memiliki tampilan yang lebih ringkas dan elegan. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, menu-menu setting berjajar rapi sebelah kiri dan kanan.

Sehingga memudahkan user atau pengguna, lebih cepat mengakses fitur atau menu yang ingin digunakan. Selain menu Settings, tampilan icon Control Panel ketika dibuka juga ikutan berubah, dengan desain yang baru. Sayangnya untuk membuka Task Manager, kita perlu adaptasi dengan cara baru,

Fitur Dark Mode di Windows 11 juga turut hadir, yang dapat diaktifkan secara opsional bagi kalian yang sering bekerja pada malam hari.

 

3. Fitur Snap Layouts di Windows 11

Fitur Snap Layouts yang hadir di Windows 11, sangat membantu pengguna dalam mengatur beberapa jendela ketika sedang multi-tasking, atau melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.

 

4. Fitur Auto HDR Mode di Windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Mengaktifkan HDR Windows 11

Fitur Auto HDR Mode di Windows 11, sangat bagus untuk gamer yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan. Tampilan di dalam game akan lebih realistis dan enak dipandang mata.

 

5. Fitur DirectStorage di Windows 11

Fitur Direct Storage akan hadir di Windows 11, teknologi ini juga diadopsi dari console Xbox Series X. Fitur Direct Storage berguna untuk memaksimalkan kecepatan dari SSD NVMe, untuk mempercepat loading game, dan juga meningkatkan frame rate / FPS di dalam game.

Benefit dari teknologi ini pastinya sangat membantu sekali bagi gamer, yang memainkan game PC/Laptop.

6. Peningkatan Keamanan

Seperti yang kita tahu, pada spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11, mensyaratkan salah satu fitur yang harus ada di PC/Laptop kalian yaitu TPM 2.0.

Baca Juga :  Rekomendasi Game Doodle Google Populer yang Wajib Untuk Anda Mainkan

Dengan ada syarat fitur tersebut, pastinya akan membuat PC/Laptop kita menjadi lebih aman lagi, dan mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan malware atau peretas.

7. Integrasi dengan Microsoft Teams

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Come configurare e usare Teams Chat in Windows 11 - HardwareTheory.it

Microsoft merilis aplikasi meeting online yang bernama Microsoft Teams, yang sudah terintegrasi dengan Windows 11, dan juga layanan Office 365.

Microsoft Teams dapat kalian gunakan secara gratis di Windows 11, dengan batasan tertentu dengan durasi maksimal rapat 60 menit. Serta kapasitas peserta yang dapat ditampung dalam 1 grup meeting yaitu 100 peserta.

Kelemahan Windows 11

1. Spesifikasi Minimum lebih tinggi

Fixed: Why is My PC not Compatible with Windows 11? - Pro IT Tips

Ketika kita mencoba mengecek apakah PC/Laptop kita support Windows 11. Terdapat beberapa persyaratan sistem dan fitur yang harus dipenuhi, yang mungkin sebagian PC/Laptop yang sedang kalian gunakan, ada yang tidak lolos persyaratan minimum menjalankan Windows 11.

Meskipun kemungkinan kedepan, pihak dari Microsoft akan melonggarkan persyaratan minimum, agar semua orang yang menggunakan PC/Laptop Windows 10 dapat upgrade dengan lancar ke Windows 11.

Itulah dia artikel tentang keunggulan dan kelemahan dari versi Windows 11 yang terbaru. Semoga bisa membantu kalian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.