Keunggulan SSD dibanding HDD

Keunggulan SSD dibanding HDD ( Hardisk Drive)

Anda memiliki komputer laptop model lama yang tidak memberikan performa yang diperlukan? Jika ya, Anda dapat menyempurnakan komputer saat ini, dan meningkatkan performa sistem tanpa harus membeli laptop baru. Cukup ganti hard disk 2,5 inci yang ada dengan  SSD (solid state drive). berikut kami sajikan beberapa Keunggulan SSD (Solid State Drive) dibanding dengan HDD ( Hardisk Drive) di bawah.

Jangan takut untuk melakukan cara praktis namun efektif ini untuk meningkatkan performa dan menambah kapasitas yang dibutuhkan untuk laptop lama Anda. Anda akan merasakan perubahan dalam waktu singkat, seperti telah membeli sistem terbaru!

Kamu yang masih menggunakan komputer atau laptop dengan HDD pasti pernah merasakan getaran yang dihasilkan HDD, bukan? Itu tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya perangkat bergerak di dalam HDD tersebut.

Lebih tepatnya adalah sebuah piringan yang menjadi tempat data-data kamu tersimpan. Piringan tersebut akan selalu berputar ketika laptop atau komputer digunakan. KArena itul adalah cara satu-satunya untuk menyimpan dat.

Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen bergerak sama sekali. Karenanya, menggunakan komputer atau laptop yang telah menggunakan SSD akan lebih nyaman karena terhindar dari getaran akibat piringan.

Keunggulan SSd dibanding HDD, SSD NVme dan ssd sata

Sebelum Anda mulai melakukan peningkatan:

  • Pastikan Anda mengetahui dan memahami setiap informasi yang terkait dengan garansi. Setiap aktivitas yang tidak sah pada sistem dapat membatalkan garansi produsen sistem.
  • Lihat petunjuk keamanan dalam panduan produk sistem sebelum meningkatkan kemampuan komputer Anda.
  • cari tahu laptop atau PC anda suport SSD tipe apa apakan SSD type sata atau NVMe.
  • Cari SSD sesuai dengan keuangan kalian dan kapasitas yang dibutuhkan.
Baca Juga :  GPU RX 6000M Series Pada AMD

Berikut Beberapa Keunggulan SSD dibanding dengan HDD

1.    Mempercepat booting

Ketika perangkat komputermu dinyalakan, apakah terasa begitu lama? Kalau iya, cobalah ganti HDDmu dengan SSD. Sensasi menyalakan komputer hanya dalam hitungan detik akan kamu rasakan ketika kamu menggunakan SSD.

2.    Kecepatan baca dan tulis lebih unggul

Karena SSD memiliki kecepatan yang lebih unggul dari HDD, tentunya SSD bekerja lebih baik. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 550 Mbps untuk SSD sata, Sedangkan SSD NVMe sekarang sudah lebih dari 7000 Mbps, sementara HDD kecepatan rata-ratanya mencapai 60-100 Mbps. HDD juga harus menunggu putaran sindle untuk mengakses data, lain halnya dengan SSD yang hanya menggunakan tenaga elektrik untuk mengakses data. Inilah mengapa kecepatan SSD lebih unggul dibanding HDD. bisa lebih cepat 100x lipat dari HDD biasa.

3.    Tahan guncangan

Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Jadi, dapat dipastikan SSD lebih tahan guncangan. Perbedaan ini membuat SSD bekerja lebih baik dibanding HDD.

4.    Transfer file lebih cepat

Kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin mentransfer file berukuran besar dalam waktu yang singkat. SSD menawarkan kecepatan transfer file berkali-kali lipat ketimbang kamu memakai HDD.

5.    Performa multitasking lebih unggul

Untuk kamu yang sering bekerja dengan banyak aplikasi, komputer kamu tidak akan lambat ketika melakukan multitasking menggunakan SSD. Hal itu tentunya berkat kecepatan baca yang sangat tinggi.

6.    Tidak berisik

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya, tetapi menggunakan chip memori sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data. Sehingga tidak akan mengeluarkan suara ketika digunakan.

7.    Ketahanan

SSD diyakini akan lebih awet dibanding HDD. Tanpa komponen yang bergerak, SSD sangat tahan dengan benturan.

Baca Juga :  vivo V21 5G Review

8.    Lebih hemat daya listrik

Meski performanya yang jauh diatas HDD, ternyata SSD justru lebih hemat dalam penggunaan daya listrik. SSD membutuhkan daya kurang lebih 1 watt sedangkan HDD bisa mencapai 10 watt.

9.    Tidak mudah panas

HDD menerapkan unsur mekanik, hal itu membuatnya lebih cepat panas. Sedangkan SSD dijamin lebih tahan panas walaupun digunakan dalam waktu yang lama.

10.     Lebih ringan

Karena ukurannya yang lebih kecil ketimbang HDD, tentunya membuat bobot SSD lebih ringan. Komponen yang ada didalam SSD pun tidak sebanyak HDD.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.