Keunikan Unsur Karbon. Materi Kimia Kelas 10

gurune.net – Keunikan Unsur Karbon Materi Kimia Kelas 10. Halo Sobat Guru, pada Materi Kimia Kelas 10 kita akan mempelajari senyawa hidrokarbon. Tapi sebelum kita membahas hidrokarbon, terlebih dahulu kita membahas atom karbon sebagai salah satu atom penyusun hidrokarbon. Atom karbon memiliki keunikan yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Unsur karbon pada makhluk hidup

Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat unsur karbon. kita dapat membuktikan secara sederhana dengan membakar bahan-bahan yang berasal dari makhluk hidup, misalnya kayu, beras, dan daging. Ketika dibakar, bahan-bahan tersebut akan menjadi arang (karbon).

Keunikan Unsur Karbon

karbon mempunyai nomor atom 6, sehingga dalam sistem periodik terletak pada golongan IVA dan periode 2. Keadaan tersebut membuat unsur karbon mempunyai beberapa keistimewaan sebagai berikut :

  1. Atom Karbon Memiliki 4 Elektron Valensi

    Berdasarkan konfigurasi keenam elektron yang dimiliki atom karbon didapatkan bahwa elektron valensi yang dimilikinya adalah 4. Untuk mencapai kestabilan, atom ini masih membutuhkan 4 elektron lagi dengan cara berikatan kovalen. Tidak ada unsur dari golongan lain yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dengan aturan oktet

  2. Atom Unsur Karbon Relatif Kecil

    berdasarkan  konfigurasi elektronnya, kita mengetahui bahwa atom karbon terletak pada periode 2, yang berarti atom ini mempunyai 2 kulit atom, sehingga jari-jari atomnya relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan kovalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.

  3. Dapat membentuk jenis ikatan kovalen

    Karbon dapat membentuk jenis ikatan kovalen antara empat atom dalam rantai karbon. Ada dua macam ikatan kovalen antaratom dalam rantai karbon, yaitu:

    a. Ikatan tunggal (C – C); 2 atom C menggunakan bersama sepasang elektron.
    b. Ikatan rangkap, yaitu terdiri atas:
    Ikatan rangkap dua (C = C); penggunaan bersama 2 pasangan elektron.
    Ikatan rangkap tiga (C ≡C); penggunaan bersama 3 pasangan elektron.

  4. Atom Karbon Dapat Membentuk Rantai Karbon

    Keadaan atom karbon yang demikian menyebabkan atom karbon dapat membentuk rantai karbon yang sangat panjang dengan ikatan kovalen, baik ikatan kovalen tunggal, rangkap 2, maupun rangkap 3. Selain itu dapat pula membentuk rantai lingkar (siklik).
    Contoh rantai karbon :

Penutup

Demikian ulasan mengenai Keunikan Unsur Karbon yang merupakan Materi Kimia Kelas 10. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :  Tata Nama Senyawa Asam Basa dan Garam – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.