Konsep Mol – Materi Kimia Kelas 10

gurune.net – Konsep Mol – Materi Kimia Kelas 10 . Halo sobat guru, kali ini gurune akan membahas salah satu materi penting dalam ilmu kimia yaitu konsep mol. Materi ini akan sobat guru dapatkan pada mata pelajaran kimia kelas 10 semester 2.

untuk menyatakan banyaknya suatu benda, kita mengenal satuan lusin, kodi, gros, dan rim. Kodi biasanya kita pakai untuk menyebutkan satuan helai kain, rim biasa kita pakai untuk menyebutkan satuan kertas. Nah, tahukah sobat guru apa satuan zat dalam kimia?

Zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia mengandung partikel-partikel seperti atom, molekul, atau ion. Misal, 1 gram besi mengandung lebih dari 1020 butir-butir atom besi dan 1 mL air mengandung lebih dari 1020 molekul air, jadi kita akan sangat sulit menghitungnya.

Agar tidak mengalami kesulitan, maka jumlah partikel yang banyak itu kita sebut dengan satuan jumlah. Para ahli kimia menyatakan satuan jumlah zat dalam kimia adalah mol.

Cara Menentukan jumlah mol

a) Hubungan jumlah mol dengan jumlah partikel

Untuk 1 mol zat mengandung 6,02 × 10^23 partikel. Dengan demikian, hubungan antara jumlah mol dan jumlah partikel dirumuskan sebagai berikut.

b) Hubungan jumlah mol dengan massa molar

Massa molar adalah massa satu mol zat yang nilainya sama dengan massa atom relatif (Ar) pada atom dan massa molekul relatif (Mr) pada senyawa. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.

c) Hubungan jumlah mol dengan Volume molar

Volume molar ini biasanya berlaku pada gas. Volume molar menunjukkan volume 1 mol gas pada suhu dan tekanan tertentu. Pada kondisi standar (suhu 0 derajat C dan tekanan 1 atm), volume molar gas bernilai 22,4 L. secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.

Baca Juga :  Pemerintah Indonesia Mengirim 94 Guru Ke Malaysia

 

d) Hubungan jumlah mol dengan Konsentrasi / Molaritas

Molaritas adalah perbandingan jumlah mol dalam satu Liter larutan. Sehingga secara matematis bisa kita tulis sebagai berikut :

 

Untuk mempermudah sobat guru dalam memahami konsep mol ini, gurune siapkan jembatan mol hubungan antara jumlah mol dengan keempat hal yang sudah kita bahas seblumnya pada gambar berikut :

 

Penutup

Demikian pembahasan mengenai konsep mol dalam ilmu kimia. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.