Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2

gurune.net – Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2 . Sobat guru, kali ini gurune akan membahas materi mengenai konsep reaksi reduksi oksidasi. Materi ini sobat guru pelajari pada mata pelajaran kimia kelas 10 Semester 2.

Pernahkah kalian melihat berbagai peralatan terbuat dari besi berkarat? atau setelah mengupas buah apel kemudian apel berubah warna menjadi kecoklatan? Proses tersebut merupakan contoh reaksi oksidasi yang terjadi di sekitar kita.

Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks)

Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi

Perkembangan konsep reaksi reduksi oksidasi dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Konsep Reaksi Redoks Berdasarkan Keterlibatan atom Oksigen

 

a. Oksidasi
Oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen oleh suatu unsur.

Contoh reaksi oksidasi dalam kehidupan sehari-hari contohnya perkaratan logam besi, Pembakaran bahan bakar (misalnya gas metana, minyak tanah, LPG, solar) , Oksidasi glukosa dalam tubuh , Buah apel maupun pisang setelah dikupas akan berubah warna menjadi kecoklatan

b. Reduksi
Reduksi adalah peristiwa pelepasan oksigen dari suatu zat, jadi reduksi adalah kebalikan dari oksidasi.

Contoh reaksi reduksi, diantaranya : Proses pengolahan besi melalui proses tanur tinggi , Reduksi kromium(III) oksida Cr2O3 oleh aluminium Al..

2. Konsep Reaksi Redoks Berdasarkan Transfer Elektron

berdasarkan serah terima elektron, oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron dan reduksi adalah reaksi penerimaan elektron.

Reaksi reduksi dan reaksi oksidasi selalu terjadi bersama-sama. Artinya, ada zat yang melepas elektron atau mengalami oksidasi dan ada zat yang menerima elektron tersebut atau mengalami reduksi. Oleh karena itu, reaksi reduksi dan reaksi oksidasi biasa kita sebut juga reaksi reduksi-oksidasi atau reaksi redoks.

Baca Juga :  Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2019 Tentang Zonasi Kita Bahas Lengkap Sesuai Aturan Resmi

3. Konsep Reaksi Redoks Berdasarkan Konsep Bilangan Oksidasi

Jika dalam reaksi bilangan oksidasi atom meningkat maka atom tersebut mengalami oksidasi. Sebaliknya, jika bilangan oksidasinya turun maka atom tersebut mengalami reduksi.

Penutup

Demikian Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2 . Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.