Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar, Informatika kelas 7

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar, Informatika kelas 7 – Hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mngenai Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar yang terdapat pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

Kali ini kalian akan diminta untuk menambah background untuk tampilan pada aplikasi Stratch yang sudah kalian pelajari pada materi materi sebelumnya. Yuk kita simak pembahasannya.

Baca Juga: Kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 6.4 Kelas 8 Semester 2 Halaman 40-42

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar

Kalian dapat menambah background untuk tampilan. Background ini dapat digunakan dari awal atau dapat ditampilkan dari event tertentu dulu.

Langkah 1

Apabila ingin menggunakan dari awal, pilih backdrop dari menu stage.

Langkah 2

Jika ingin menggunakan backdrop lainnya, dapat membuka tab Backdrops dan memilih backdrop apa yang ingin ditampilkan sejak awal

Langkah 3

Apabila ingin memanfaatkan event terlebih dahulu, tambahkan kode berikut (lihat gambar). Kode backdrop berada di bagian Looks. Dan backdrop harus tetap ditambahkan dulu seperti langkah sebelumnya. Ket: Ketika bendera hijau di-klik, backdrop baru berubah menjadi Baseball 1

Ketika bendera hijau di-klik, backdrop baru berubah menjadi Baseball 1

Baca Juga: Kunci Jawaban Mengidentifikasi Permasalahan yang Dialami Tokoh dalam Cerita Garuk-Garuk

Aktivitas AP-K7-06 Bermain dengan Karakter

Kalian dapat menambahkan sprite lain ke dalam proyek kalian. Sprite akan menjadi tokoh yang dapat kita program. Sampai saat ini, kalian hanya memprogram si Kucing.

Kucing saja tidak seru. Pada kenyataannya, di dunia ini, setiap makhluk perlu berinteraksi dengan makhluk lain. Makanya, Scratch menyediakan cara untuk menambah sprite, dan memprogram setiap sprite tersebut seperti kita memprogram si Kucing. Setiap sprite akan mempunyai perilaku sendiri-sendiri, atau bisa juga berinteraksi dengan sprite lain.

Baca Juga :  Pembahasan Materi Fitur Sort dan Filter, Pengolahan Data Lanjutan

Memainkan SPRITE Si Kucing Bermain bola!

Langkah 1

Pilih menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang diinginkan. Kumpulan sprite yang aktif ada di bagian bawah juga.

Langkah 2

Setiap sprite ini dapat diatur nama, tampil atau tidak, posisi, ukuran, arah, dan kode yang dilakukan oleh sprite tadi.

Langkah 3

Setiap sprite yang aktif dapat diatur Costumes-nya. Sprite yang disediakan dari Scratch sudah memiliki beberapa Costumes yang dapat langsung digunakan. Klik sprite, lalu pilih tab Costumes di bagian kiri atas. Di bagian ini, terdapat daftar costumes standar yang sudah disediakan dan kalian dapat mengubah sendiri bagian-bagian tertentu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal dari Cerita Garuk-Garuk

Langkah 4

Tambahkan kode berikut pada sprite Basketball:

Pilih menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang diinginkan

Langkah 5

Lalu, tambahkan kode berikut pada sprite kucing. Apa yang terjadi apabila bendera hijau di-klik?

Jawaban: Yang terjadi adalah sprite kucing akan terus bergerak maju dan saat mencapai ujung ia akan kembali ke titik awal. Setiap sprite kucing menabrak sprite basketball, maka bola akan berputar.

Apa yang terjadi apabila kode forever di sprite Basketball dihapus?

Jawaban: Jika control “forever” di sprite basketball dihapus, maka bola hanya akan bergerak sejauh nilai turn dan terjadi 1× pertama kali.

Dengan kode tersebut, kapan bola bisa berputar?

Jawaban: Dengan kode tersebut, sprite basketball tidak akan pernah berputar. Sprite basketball hanya akan berputar 1× sejauh nilai turn ketika pertama kali bertemu dengan sprite kucing

Baca Juga: Kunci Jawaban Mencari Arti Kata Baru  Pada Teks Batik Besurek

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar, Informatika kelas 7 dan Aktivitas AP-K7-06 Bermain dengan Karakter. Bagaimana hasil spritemu? Apakah sudah lebih menarik lagi? Apakah kalian sudah bisa membuat bentuk yang lain lagi? Ayo jangan takut untuk mencoba.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.