Kunci Jawaban Ayo Kerjakan PAI Kelas 4 SD Halaman 37

Gurune.net – Kunci Jawaban Ayo Kerjakan PAI Kelas 4 SD Halaman 37. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban penjelasan lengkap mengenai pertanyaan A. Isilah kolom sebelah kanan dengan Asmaulhusna yang sesuai dengan pernyataan pada kolom sebelah kiri! dan B. Tulislah contoh perilaku terpuji (di kolom kanan) yang mencerminkan teladan Asmaulhusna (kolom kiri)! dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 37 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Ayo Kerjakan

A. Isilah kolom sebelah kanan dengan Asmaulhusna yang sesuai dengan pernyataan pada kolom sebelah kiri!

Pernyataan Asmaul Husna
Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Al-Quddus (Maha Suci)
Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa damai. As-Salam (Maha Memberi Kesejahteraan)
Allah Swt. adalah penguasa atas semua makhluk-Nya. Al-Malik (Maha Merajai)
Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Al-Mu’min (Maha Memberi Keamanan)
Allah Swt. pemilik tunggal segala kemuliaan. Al-Mālik (Maha Merajakan)
Baca Juga :  Hikmah Hijrah Nabi Muhammad SAW

B. Tulislah contoh perilaku terpuji (di kolom kanan) yang mencerminkan teladan Asmaulhusna (kolom kiri)!

Asmaul Husna Contoh Perilaku Terpuji
Al-Quddūs Menjaga kesucian hati dan pikiran, menjauhi segala bentuk kemaksiatan dan keburukan.
As-Salām Menyebarluaskan kedamaian dan kebaikan kepada sesama, menjaga hubungan baik dengan orang lain, serta menghindari tindakan yang merugikan orang lain.
Al-Mālik Menjaga kewibawaan dan kekuasaan yang dimilikinya, tetapi tidak mengeksploitasi atau menindas orang lain dengan kekuasaannya.
Al-Mu’min Memiliki keyakinan yang kuat dan selalu bersikap optimis dalam menghadapi segala tantangan, serta berusaha untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah.
Al-‘Azīz Memiliki integritas dan keberanian dalam mengambil keputusan yang tepat, serta mempertahankan kebenaran dan keadilan meskipun terkadang harus berhadapan dengan tekanan atau ancaman dari pihak lain.

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Perhatikan 4 profesi berikut ini!

a. Guru

b. Petugas kebersihan

c. Polisi

d. Petani

Tentukan profesi di atas yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddūs beserta alasan!

2. Jelaskan arti dari Asmaulhusna As-Salām!

3. Damar terpilih menjadi ketua kelas kemarin. Dia ingin melaksanakan tugasnya dengan baik. Jelaskan 2 hal yang harus dilakukan oleh Damar sebagai ketua kelas untuk meneladani Asmaulhusna Al-Mu’min?

4. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut!

Andi selalu bersikap santun kepada temannya. Ia menjaga lisannya. Tidak berkata kotor. Perkataannya selalu menyenangkan.

Apakah Andi meneladani Asmaulhusna Al-‘Azīz? kemukakan alasanmu!

5. Perhatikan kalimat ajakan berikut yang mencerminkan Asmaulhusna As-Salām!

“Mari sebarkan hidup damai di negeri kita!”

Buatlah kalimat ajakan yang juga mencerminkan teladan Asmaulhusna As-Salām!

Jawaban:

1. Profesi yang meneladani Asmaulhusna Al-Quddūs adalah guru. Seorang guru mencoba untuk menjadi figur yang suci dan tulus dalam memberikan pendidikan dan membentuk karakter muridnya dengan baik, menjaga integritas dan moralitas dalam setiap tindakan dan perkataannya.

Baca Juga :  Asmaulhusna Al-‘Azīz Arti dan Penjelasan, Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 25-26

2. Asmaulhusna As-Salām berarti Yang Maha Memberikan Kesejahteraan. Allah dianggap sebagai sumber kesejahteraan yang memberikan ketenangan dan perdamaian kepada umat manusia. Dalam konteks ini, Asmaulhusna As-Salām mengacu pada kemampuan Allah untuk memberikan perdamaian dalam pikiran, hati, dan lingkungan.

3. Sebagai ketua kelas yang meneladani Asmaulhusna Al-Mu’min, Damar harus melakukan hal-hal berikut:

  • Berupaya menjaga keamanan dan kesejahteraan seluruh anggota kelas, memastikan bahwa semua siswa merasa nyaman dan aman di lingkungan kelas.
  • Bertindak jujur, adil, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sebagai ketua kelas, mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana untuk kebaikan seluruh anggota kelas.

4. Andi meneladani Asmaulhusna Al-‘Azīz karena ia bersikap santun, menjaga lisannya, dan tidak berkata kotor. Al-‘Azīz berarti Yang Maha Mulia, dan orang yang meneladani sifat ini akan menunjukkan kehormatan, kekuatan moral, dan integritas dalam tindakan dan perkataannya.

5. “Mari jalin persaudaraan dan perdamaian di antara kita semua, sebagai langkah awal dalam menciptakan dunia yang lebih baik.”

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 37 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.