Apa sajakah yang termasuk energi alternatif?
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif?

Kunci Jawaban Bacaan Energi Alternatif, Kelas 3 SD

gurune.net – Kali ini kami akan share materi kelas 3 SD Tema 6 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 yaitu mengenai kunci jawaban tentang energi alternatif.

Energi Alternatif

Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya semakin sedikit. Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.

Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!

Apakah energi alternatif itu?

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak(BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak. Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif?

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.

Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Baca Juga :  Pengolahan Susu Sapi, Kelas 3 SD

Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan.

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak  (BBM).

2. Mengapa perlu energi alternatif?

Energi alternatif diperlukan karenasemakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak (BBM).

3. Apa sajakah yang termasuk sumber energinalternatif?

Sumber energi alternatif antara lain energi panas matahari, energi gerak air, dan energi gerak angin.

4. Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif!

Contoh penggunaan energi alternatif yaitu energi air dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)

5. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?

Jika tidak ada energi alternatif maka energi yang tidak bisa diperbaharui seperti BBM akan habis .

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.

Pernahkah kalian bermain layang-layang?

Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.

Ayo Berkreasi

Kalian dapat bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layanglayang.

Perhatikan jenis layang-layang berikut!

jenis layang-layang
jenis layang-layang

Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layang-layang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang. Cobalah menghias gambar layang-layang berikut! Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!

Baca Juga :  Karya Seni Rupa Daerah : Tema 9 Kelas V SD/MI

Demikian pembahasan kita pada materi kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga Materi Kelas 3 Lainya :

Demikian materi dan Kunci Jawaban Bacaan Energi Alternatif kelas 3. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.