Kunci Jawaban Bacaan Kutub Magnet

Jawaban Bacaan Kutub Magnet 2

Gurune.net – Setelah kita belajar tentang bacaan pada artikel Jawaban Bacaan Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN pada materi sebelumnya. Hari ini kita akan membahas tentang Jawaban Bacaan Kutub Magnet. Seperti sebelumnya, Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1. Namun, kali ini kita akan membahas tentang Magnet. Setelah itu, kalian akan membahas jawaban dari pertanyaan yang ada. Namun, gurune ingatkan bahwa, jawaan yang ada pada artikel ini hanyalah acuan ya!. Kalian bisa mengembangkan jawaban kalian sendiri. Baiklah, kita simak bersama pembahasannya.

Jawaban Bacaan Kutub Magnet

Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu. Lalu perhatikan gambar pada artikel Jawaban Bacaan Kutub-kutub Magnet Berikut ini. Jawaban Bacaan Kutub Magnet

Setelah kalian memperhatikan gambar tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini

Apa yang kamu ketahui tentang magnet?

Magnet addalah benda yang memiliki kemampuan untuk menarik benda lain yang terbuat dari logam. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?

Jenis magnet yang saya ketahui antara lain Magnet Batang, Magnet Jarum, Magnet Silinder, Magnet Ladam dan Magnet lingkaran.

Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.

Simbol U yang terdapat pada magnet menunjukkan kutub Utara magnet. Sedangkan symbol S pada magnet menunjukkan kutub Selatan magnet

Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.

Magnet batang berbentuk batang kotak, Magnet Silinder berbentuk seperti pipa, Magnet jarum memiliki bentuk meruncing pada bagian kutubnya, Magnet ladam berbentuk seperti tapal atau sepatu kuda dan Magnet lingkaran sesuai dengan namanya berbentuk lingkaran.

Nah sobat, setelah menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut. Sekarang, bacalah bacaan dibawah ini.

Tahukah Kamu?

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos.

Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet. Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.

Kutub-Kutub Magnet

Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S.

N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut.

Simpulan

Demikianlah pembahasan Jawaban Bacaan Kutub -kutub magnet pada artikel kali ini.  Magnet ditemukan di  Yunani. Benda ini dapat menarik benda lain yang terbuat dari logam. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub Utara dan Kutub Selatan. Magnet digunakan dalam pembuatan alat-alat elektronik seperti speaker, televisi dan kaset. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar