Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Tujuan Teks Prosedur

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Tujuan Teks Prosedur – Halo sobat gurune, pada pembahasan kali ini kita akan belajar mengenali tujuan teks prosedur. Teks prosedur adalah teks yang memberikan instruksi langkah-demi-langkah tentang cara melakukan suatu tugas atau mencapai tujuan tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan panduan yang jelas kepada pembaca, sehingga mereka dapat melaksanakan instruksi dengan benar.

Mengenali tujuan teks prosedur sangat penting karena ini membantu pembaca memahami konteks instruksi yang diberikan. Dengan memahami tujuan, pembaca dapat menghubungkan instruksi dengan hasil yang diharapkan. Ini juga membantu dalam memahami mengapa langkah-langkah tertentu harus diikuti atau mengapa urutan tertentu harus diikuti.

Nah, kali ini kita akan belajar mengenali tujuan teks prosedur pada teks yang berjudul “Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja” dan “Tetap Rileks Saat di Kelas”. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Tujuan Teks Prosedur Halaman 81

Kegiatan 5:  Mengenali Tujuan Teks Prosedur

Mengamati

Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat. Teks prosedur dapat berisi ajakan, perintah, atau larangan. Bacalah kembali teks “Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja” dan “Tetap Rileks Saat di Kelas” di atas. Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini!

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menyimpulkan Isi Teks Prosedur

1. Menurut kalian, mengapa setiap penulis membuat kedua teks tersebut?

2. Apakah tujuan penulisan kedua teks tersebut sama?

3. Tuliskan tujuan penulisan setiap teks dalam tabel di bawah ini!

Baca Juga :  Materi PPKn Kelas V K-13 Revisi Sub Tema 1 - 36 Butir - Butir Pancasila

Jawaban :

1. Menurut saya setiap penulis membuat kedua teks tersebut karena ingin memberi informasi kepada remaja tentang bagaimana agar tetap sehat dan bugar, juga memberi informasi agar mereka dapat tetap rileks saat mengikuti pelajaran di kelas.

2. Tujuan penulisan kedua teks tersebut sama, yaitu tujukan untuk remaja.

3. Tujuan Wacana “Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja” adalah mengajak remaja untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Sedangkan tujuan Wacana “Tetap Rileks Saat di Kelas” adalah mengajak remaja untuk tetap rileks saat mengikuti pelajaran di kelas.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengidentifikasi Kata-Kata Fokus

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.