Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menyunting Teks Deskripsi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menyunting Teks Deskripsi – Halo sobat gurune, dalam artikel ini akan disajikan informasi tentang menyunting teks deskripsi. Nah, kali ini kalian akan belajar menyunting teks berjudul “Berkunjung ke Negeri di Atas Awan”. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menyunting Teks Deskripsi Halaman 30

Sekarang kalian akan menyunting teks “Berkunjung ke Negeri di Atas Awan”. Cermatilah penggunaan huruf kapital dan tanda koma, lalu lengkapi dengan kata depan, ya!

Berkunjung ke Negeri di Atas Awan

Selamat malam kakak-kakak selamat datang _____ desa denge. desa ini adalah desa terdekat _____ wae rebo. malam ini kalian akan menginap di sini, lalu besok pagi kita akan memulai perjalanan menuju wae rebo.

dalam perjalanan esok kita akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki. karena itu silakan kakak-kakak menyiapkan sebuah tas ransel yang berisi keperluan untuk menginap semalam. kenakan juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. karena sekarang sedang musim hujan sebaiknya kenakan celana training atau celana panjang untuk menghindari lintah. o ya jangan lupa juga untuk membawa jas hujan dan baju hangat karena malam ______ wae rebo pasti dingin. Untuk persiapan perlengkapan ada yang mau ditanyakan dahulu kak?  saya lanjutkan ke perjalanan kita esok ya. ______ denge kita akan naik mobil melewati jembatan yang melintasi sungai wae lomba. Setelah itu kita akan berjalan kaki kira-kira 3 jam lamanya sebelum tiba ______ poco roko atau pos 2. di sini kita akan beristirahat sebentar. lalu kita akan melanjutkan perjalanan melintasi hutan lebat menuju pos terakhir. di sini saya akan memukul kentungan sebagai tanda bahwa ada tamu yang akan berkunjung. kita akan menunggu sampai terdengar kentungan jawaban ______ wae rebo.

Baca Juga :  Belajar Gerakan Silat Tendangan

setibanya _____ gerbang desa kita tidak boleh mengambil gambar atau melakukan apa pun sebelum menghadap kepala adat. maka kita akan langsung menuju _____ rumah gendang untuk mengikuti upacara adat waelu. upacara ini dipimpin oleh kepala adat sebagai ungkapan selamat datang kepada para wisatawan. selain penyambutan kita juga akan diberkati dengan doa-doa agar selamat aman dan tidak ada gangguan selama berkunjung ______ wae rebo. cukup jelas ya kak?

kakak-kakak akan menginap semalam ______ mbaru niang. kalian akan merasakan bagaimana kehidupan _______ wae rebo dengan bersosialisasi langsung dan mengikuti beberapa kegiatan khas wae rebo yaitu menanam dan mengolah biji kopi juga menenun songket.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Membandingkan Informasi Lisan

Jawaban :

Berkunjung ke Negeri di Atas Awan

Selamat malam kakak-kakak selamat datang (di Desa Denge). (Desa) ini adalah desa terdekat (dari Wae Rebo). (Malam) ini kalian akan menginap di sini, lalu besok pagi kita akan memulai perjalanan menuju (Wae Rebo).

(Dalam) perjalanan esok kita akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki. (Karena) itu silakan kakak-kakak menyiapkan sebuah tas ransel yang berisi keperluan untuk menginap semalam. (Kenakan) juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. (Karena) sekarang sedang musim hujan(,) sebaiknya kenakan celana training atau celana panjang untuk menghindari lintah. (O) ya jangan lupa juga untuk membawa jas hujan dan baju hangat karena malam (di Wae Rebo) pasti dingin. Untuk persiapan perlengkapan ada yang mau ditanyakan dahulu (Kak)?

(Saya) lanjutkan ke perjalanan kita esok ya. (Dari Denge) kita akan naik mobil melewati jembatan yang melintasi (Sungai Wae Lomba). Setelah itu(,) kita akan berjalan kaki kira-kira 3 jam lamanya sebelum tiba (di Poco Roko) atau pos 2. (Di) sini kita akan beristirahat sebentar(,) lalu kita akan melanjutkan perjalanan melintasi hutan lebat menuju pos terakhir. (Di) sini saya akan memukul kentungan sebagai tanda bahwa ada tamu yang akan berkunjung. (Kita) akan menunggu sampai terdengar kentungan jawaban (dari Wae Rebo.)

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mencermati Tanggapan terhadap Buku

(Setibanya di)  gerbang desa kita tidak boleh mengambil gambar atau melakukan apa pun sebelum menghadap kepala adat. (Untuk itu,) kita akan langsung menuju (ke) rumah gendang untuk mengikuti upacara adat (Waelu). (Upacara) ini dipimpin oleh kepala adat sebagai ungkapan selamat datang kepada para wisatawan. (Selain) penyambutan kita juga akan diberkati dengan doa-doa agar selamat aman dan tidak ada gangguan selama berkunjung (di Wae Rebo). cukup jelas ya (Kak)?

(Kakak-kakak) akan menginap semalam (di Mbaru Niang). (Kalian) akan merasakan bagaimana kehidupan (di Wae Rebo) dengan bersosialisasi langsung dan mengikuti beberapa kegiatan khas (Wae Rebo,) yaitu menanam dan mengolah biji kopi juga menenun songket.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban  Perbandingan Pamflet Papandayan dengan Pamflet Wisata  Green Canyon

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.