Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 tentang Teks Berita

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 tentang Teks Berita – Halo sobat gurune, teks berita adalah sebuah karya jurnalistik yang disajikan dalam format tulisan dan bertujuan untuk memberikan informasi yang faktual, objektif, dan akurat tentang suatu peristiwa atau topik tertentu. Tujuan utama dari teks berita adalah memberikan laporan yang jelas dan ringkas kepada pembaca.

Nah, kali ini kita akan belajar teks berita melalui pembahasan soal. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 tentang Teks Berita Halaman 101

BAB  IV. Aksi Nyata Para Pelindung Bumi

Pertanyaan Pemantik:

1. Apakah teks berita itu?

2. Ada berapa jenis teks berita?

3. Bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu?

Tujuan Pembelajaran

Pada bab ini kalian mempelajari upaya merawat bumi melalui beragam teks berita cetak dan berita daring. Kalian juga mempelajari dan mendiskusikan unsur teks berita, juga kriteria teks berita yang baik. Kalian diajak mengidentifikasi teks berita palsu, menyimak paparan teks berita lisan, serta belajar menyajikan teks berita secara lisan dan tertulis dengan baik dan menarik.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Teks Prosedur Dalam Fiksi

Kata Kunci

Teks berita, objek liputan, judul berita, teras berita, isi berita, hoaks, sumber berita, fakta, opini, kalimat tunggal, kalimat majemuk, konjungsi, dan adiksimba.

Jawaban :

1. Teks berita adalah jenis teks yang menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian aktual yang terjadi di dunia. Berita umumnya disajikan secara objektif dengan tujuan memberikan fakta-fakta yang akurat kepada pembaca.

2. Ada beberapa jenis teks berita yang umum ditemui, antara lain: berita cetak, berita digital, dan berita audio visual.

Baca Juga :  Tutorial Cara Membuat Desain Baner PPDB Th 2019 menggunakan CorelDRAW Bagi Pemula

3. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan berita baik dan berita palsu (hoaks) :

  • Sumber yang dapat dipercaya: Periksa sumber berita dan pastikan mereka terpercaya. Cek reputasi dan kredibilitas media atau organisasi yang menyebarkan berita tersebut.
  • Verifikasi informasi: Jangan langsung mempercayai berita hanya berdasarkan judul atau ringkasan yang ditampilkan. Verifikasi informasi dengan mencari sumber tambahan dan membandingkan informasi dari beberapa sumber yang berbeda.
  • Perhatikan gaya penulisan: Berita yang baik biasanya menggunakan bahasa yang netral dan objektif, sementara berita palsu cenderung memiliki judul yang provokatif atau penggunaan bahasa yang berlebihan.
  • Cek faktanya: Periksa fakta-fakta yang disajikan dalam berita. Berita yang baik biasanya menyertakan sumber informasi dan data yang jelas, sedangkan berita palsu seringkali tidak memiliki sumber yang dapat diverifikasi.
  • Gunakan media terpercaya: Dapatkan berita dari sumber-sumber yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menyajikan informasi yang akurat. Hindari mengandalkan hanya pada satu sumber informasi.
  • Pertimbangkan konteks dan keberagaman pendapat: Berita yang baik biasanya memberikan konteks yang lengkap dan memberikan sudut pandang yang beragam tentang suatu peristiwa. Jika berita hanya memberikan sudut pandang yang satu atau terlalu tendensius, periksa keberadaan berbagai sumber dan pandangan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Adverbia dalam Teks Prosedur

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.