Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun

Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban berkomunikasi melalui surat dengan santun. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, baca dan pahami terlebih dahulu materi tentang beberapa jenis pembuka surat. Setelah itu sobat akan membaca kembali urat untuk Kakak Nakula, surat undangan OSIS, dan surat pembaca. Kemudian tentukan jenis pembuka dari ketiga surat tersebut.

Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun, Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 186

Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun

Kupas Teori

Salah satu hal yang paling membedakan surat pribadi dan surat resmi adalah tujuan penulisannya. Surat pribadi menyampaikan maksud individu serta mengekspresikan perasaan penulisnya, sedangkan surat resmi mewakili kepentingan lembaga dan biasanya terkait dengan kegiatan yang akan diselenggarakan oleh lembaga tersebut. Baik surat pribadi maupun resmi tentunya harus tetap ditulis dalam bahasa yang santun. Hal ini dapat kita lakukan dengan menyesuaikan gaya bahasa kita dengan penerima surat.

Baca Juga : Kunci Jawaban Unsur – Unsur Surat

Untuk memahaminya, perhatikanlah beberapa jenis pembuka surat berikut ini.

1) Menanyakan kabar

Hai, Ella, apa kabar? Sudah lama sekali aku tidak mendengar kabar darimu. Semoga kamu selalu bahagia dan mendapat banyak pengalaman di SMP barumu.

2) Mengungkapkan perasaan

Andi, aku senang sekali mendapat kiriman surat darimu! Kabarku tentu baik-baik saja.

3) Memperkenalkan diri

Bapak Presiden yang terhormat, saya Ganis, siswa kelas tujuh SMP Bintang Indonesia. Saya tinggal di Kota Sumedang. Akhir-akhir ini saya merasa khawatir melihat makin maraknya iklan rokok di televisi. Tak hanya itu saja, bahkan di sekitar saya makin banyak orang yang merokok.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Merancang Pesan di Media Sosial

4) Menyatakan tujuan

Dalam rangka memperingati Hari Anak Indonesia, kami, SMP Bina Bangsa, akan mengadakan pertunjukan teater mandiri.

5) Ucapan terima kasih

Bu Rini, kami mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan layanan pihak Museum Geologi kepada siswa SMP Negeri 13 saat kegiatan karya wisata minggu lalu.

6) Permohonan

Dengan ini, saya Wilis Setyo, memohon Bapak untuk mengizinkan anak kami tidak masuk sekolah pada hari Jumat, 06 November 2020 karena ada keperluan keluarga.

Baca Juga : Kunci Jawaban Membedah Kosakata Dalam Surat Resmi

Tantangan

Bacalah kembali surat untuk Kakak Nakula, surat undangan OSIS, dan surat pembaca di atas. Dapatkah kalian menentukan jenis pembuka dari ketiga surat tersebut?

Jawaban :

Jenis Surat Jenis Pembuka Kutipan Surat
Surat untuk Kakak Nakula Mengungkap Perasaan Pertama bertemu, aku suka padamu. Satu kali pandang … dua kali pandang … tiga kali pandang, dan aku kesal padamu.
Surat undangan OSIS Menyatakan Tujuan Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Sekolah yang ke-57, OSIS akan mengadakan kegiatan Bazar dan Malam Gembira.
Surat Pembaca Memperkenalkan Diri Saya adalah warga kelurahan Bakti Sari.

Baca Juga : Kunci Jawaban Analisis Isi dan Tujuan dalam Surat Resmi

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban berkomunikasi melalui surat dengan santun. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.