Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Soal Latihan 2.1

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Soal Latihan 2.1 – Halo sobat gurune, dalam proses difusi, partikel-partikel bergerak secara acak karena energi kinetik mereka. Ketika partikel tersebut bergerak secara acak, mereka akan saling bertumbukan dengan partikel lainnya, menyebabkan pertukaran energi dan momentum. Akibatnya, partikel yang lebih cepat memiliki kecenderungan untuk bermigrasi ke area dengan konsentrasi yang lebih rendah.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang mendeskripsikan difusi dengan kalimat sendiri. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Soal Latihan 2.1 Halaman 46

Latihan 2.1

Setelah Kalian menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Aktivitas 2.12, dapatkah Kalian mendeskripsikan dengan kalimat sendiri apa yang dimaksud dengan difusi sederhana?

1. Difusi adalah .…

2. Setelah memahami konsep difusi sederhana, selanjutnya Kalian cari tahu apakah difusi terjadi dalam organisme? Apakah difusi dalam organisme penting? Sebutkan contoh lain difusi dalam organisme!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.12 tentang Proses Difusi Sederhana

Jawaban :

1. Difusi adalah proses pergerakan partikel atau molekul dari daerah dengan konsentrasi tinggi ke daerah dengan konsentrasi rendah. Tujuan dari difusi adalah untuk mencapai kesetimbangan konsentrasi di seluruh ruang yang tersedia.

2. Ya, difusi terjadi dalam organisme. Difusi merupakan proses penting dalam tubuh organisme karena memungkinkan pergerakan berbagai zat dan nutrisi esensial melalui membran sel dan jaringan, yang diperlukan untuk berbagai fungsi fisiologis dan kelangsungan hidup.

Contoh difusi dalam organisme:

  • Pertukaran oksigen dan karbon dioksida di paru-paru: Ketika Anda bernapas, oksigen dari udara masuk ke alveoli di paru-paru (tempat pertukaran gas terjadi) dengan konsentrasi oksigen tinggi. Kemudian, oksigen ini berdifusi melintasi membran alveolar dan kapiler ke dalam darah yang memiliki konsentrasi oksigen lebih rendah. Sementara itu, karbon dioksida dari darah berdifusi dari kapiler ke alveoli untuk diekskresikan saat bernapas.
  • Penyerapan nutrisi di usus halus: Setelah makanan dicerna dan berubah menjadi nutrisi, nutrisi tersebut berdifusi dari lumen usus halus ke dalam sel-sel epitel usus halus yang kemudian diserap oleh pembuluh darah untuk dibawa ke seluruh tubuh.
  • Transport gas dalam sel darah merah: Oksigen berdifusi dari paru-paru ke dalam sel darah merah, dan kemudian difusi dari sel darah merah ke jaringan tubuh yang membutuhkan oksigen, seperti otot. Sebaliknya, karbon dioksida yang dihasilkan oleh jaringan tubuh berdifusi dari sel-sel tersebut ke dalam sel darah merah dan kemudian diangkut kembali ke paru-paru untuk diekskresikan.
  • Penyerapan air dan nutrisi oleh akar tanaman: Akar tanaman memiliki rambut-rambut akar yang meningkatkan permukaan penyerapan. Nutrisi dan air di tanah berdifusi melalui permukaan rambut akar ke dalam sel-sel akar dan kemudian diangkut ke seluruh tanaman.
Baca Juga :  Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.6 tentang Proses Osmosis

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.