Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pembuluh Kapiler

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pembuluh Kapiler – Halo sobat gurune, pembuluh kapiler adalah bagian vital dari sistem peredaran darah manusia, meskipun ukurannya mikroskopis, peranannya sangat signifikan dalam memastikan tubuh kita berfungsi dengan baik. Pembuluh kapiler adalah jenis pembuluh darah yang memiliki ukuran paling kecil dan berfungsi sebagai jembatan antara arteri yang membawa darah kaya oksigen dan nutrisi menuju seluruh tubuh, serta vena yang membawa darah yang telah kehilangan sebagian oksigen dan kembali ke jantung.

Dibandingkan dengan arteri dan vena yang relatif lebih besar, pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil, sekitar 5 hingga 10 mikrometer saja. Struktur ukurannya yang sangat kecil ini memungkinkan pembuluh kapiler untuk menembus hampir setiap bagian tubuh manusia, memungkinkan pertukaran zat dan oksigen antara darah dan jaringan tubuh.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang pembuluh kapiler. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pembuluh Kapiler Halaman 101

Aktivitas 4.5

Berdasarkan informasi pada gambar, jawablah pertanyaan berikut!

1. Mengapa kapiler memiliki luas permukaan terbesar di antara tipe pembuluh lainnya?

2. Mengapa data luas permukaan pembuluh kapiler berbanding terbalik dengan kecepatan aliran?

3. Dengan kecepatan aliran yang lebih lambat, apakah hal tersebut menguntungkan proses pertukaran zat di kapiler? Jelaskan!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur pembuluh darah

Kemukakan jawaban Kalian di depan kelas dalam diskusi singkat yang dipandu oleh guru! Jangan lupa untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan pendapat yang dapat saja terjadi dalam diskusi!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-01 Konfigurasi Jaringan Komputer

Jawaban :

1. Meskipun diameter kapiler paling kecil, tapi jumlahnya pembuluhnya paling banyak dan bercabang-cabang. Total luas permukaan seluruh kapiler lebih besar dibandingakan pembuluh lainnya.

2. Meskipun luas permukaan kapiler besar, tapi hal itu karena banyak jumlah pembuluhnya, sedangkan diameter masing-masing pembuluh kapiler pada dasarnya kecil yang dapat memperlambat aliran darah.

3. Ya menguntungkan, karena dengan darah mengalir lambat di dalam kapiler, pertukaran zat dapat lebih optimal.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Peran Sistem Sirkulasi dalam Transpor dan Pertukaran Zat

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.