Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Permasalahan Stunting

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Permasalahan Stunting – Halo sobat gurune, stunting merupakan salah satu tantangan utama dalam bidang kesehatan dan perkembangan anak, telah lama menjadi fokus perhatian di berbagai negara di seluruh dunia. Meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai dalam upaya pemberantasan masalah gizi buruk dan kelaparan, stunting tetap menjadi ancaman serius terhadap generasi muda.

Stunting merujuk pada kondisi ketidakcukupan pertumbuhan fisik dan kognitif anak-anak akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada dua tahun pertama kehidupan. Dampaknya tidak hanya terlihat dalam bentuk tubuh yang pendek, tetapi juga dalam kemampuan kognitif, kesehatan, dan produktivitas di masa depan. Anak yang mengalami stunting berisiko lebih tinggi terkena penyakit, mengalami penurunan kemampuan belajar, serta memiliki peluang kerja yang lebih rendah di kemudian hari.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Permasalahan Stunting Halaman 252

Aktivitas 8.4

Pernahkan Kalian mendengar istilah stunting? Apakah stunting masih menjadi permasalahan di Indonesia? Apakah stunting termasuk salah satu gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia? Bacalah wacana berikut ini untuk mengetahui permasalahan stunting di Indonesia.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pada tahun 2021, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Biro Pusat Statistik (BPS) dengan dukungan Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting) Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia melakukan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dengan mengumpulkan data di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan jumlah blok sensus (BS) sebanyak 14.889 Blok Sensus (BS) dan 153.228 balita.

Baca Juga :  Kepmendikbud Nomor 250 / M / 2019 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Di Sekolah Bersumber dari BOS

Berdasarkan hasil SSGI tahun 2021 angka stunting secara nasional mengalami penurunan sebesar 1,6 persen per tahun dari 27,7 persen tahun 2019 menjadi 24,4 persen tahun 2021. Hampir sebagian besar dari 34 provinsi menunjukkan penurunan dibandingkan tahun 2019 dan hanya 5 provinsi yang menunjukkan kenaikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa implementasi dari kebijakan pemerintah mendorong percepatan penurunan stunting di Indonesia telah memberi hasil yang cukup baik.

Sumber: Kemkes (2021)

1. Tuliskan informasi yang menunjukkan bahwa stunting masih menjadi permasalahan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.

2. Menurut pendapat kalian apakah yang menyebabkan stunting terjadi di Indonesia? Gunakan literatur pendukung untuk menjawab pertanyaan ini.

Jawaban :

1. Stunting tetap menjadi permasalahan di Indonesia, terbukti dari angka stunting nasional yang masih mencapai 24,4% pada tahun 2021, meskipun mengalami penurunan dari 27,7% pada tahun 2019.

2. Stunting disebabkan oleh faktor seperti kurangnya pemahaman tentang gizi, gizi buruk selama kehamilan dan 1.000 hari pertama kehidupan anak, lingkungan yang tidak mendukung, kurangnya edukasi tentang nutrisi, dan kemiskinan. Faktor-faktor ini berkontribusi pada masalah stunting di Indonesia.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Kelenjar Tiroid

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.