Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 1 Menjelajah Sel (Soal A)

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 1 Menjelajah Sel (Soal A) – Halo sobat gurune, sel adalah entitas terkecil dari kehidupan. Meskipun tak kasat mata, sel memiliki struktur yang rumit dan beragam fungsi yang memastikan kehidupan organisme. Sel terdiri dari membran luar yang melindungi isi sel dan mengatur aliran zat-zat yang masuk dan keluar. Di dalamnya, terdapat nukleus yang menyimpan materi genetik dan organel-organel seperti mitokondria, ribosom, dan lain-lain yang bertugas menjalankan berbagai proses esensial.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang soal uji kompetensi Bab 1 menjelajah sel. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 1 Menjelajah Sel (Soal A) Halaman 25

Uji Kompetensi

Tuliskan jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan berikut!

1. Jika gambar yang terlihat saat pengamatan menggunakan mikroskop cahaya masih buram, apakah komponen mikroskop yang harus Kalian atur agar gambar tampak jelas?

2. Apabila bagian sel yang ditunjuk mengalami gangguan atau bahkan menghilang, jelaskan dampaknya!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 1 Menjelajah Sel (Soal A)

3. Jaringan sklerenkim merupakan jaringan yang berfungsi menopang dan memberikan bentuk pada tumbuhan. Uraikan organel-organel sel apa saja yang berperan terhadap fungsi sklerenkim tersebut!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.11 tentang Sitoplasma

Jawaban :

1. Jika gambar yang terlihat saat pengamatan menggunakan mikroskop cahaya masih buram, komponen mikroskop yang harus diatur agar gambar tampak jelas adalah fokus mikroskop. Untuk mengaturnya, biasanya terdapat dua atau lebih knob fokus pada mikroskop. Pertama, atur besar kekasaran dengan menggunakan knob fokus kasar hingga mendekati fokus, kemudian gunakan knob fokus halus untuk mengatur fokus secara lebih detail hingga gambar menjadi tajam dan jelas.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 158-159 Kelas 4 SD/MI

2. Jika bagian sel mengalami gangguan atau bahkan menghilang, dampaknya bisa berbeda tergantung pada fungsi dan peran bagian sel tersebut dalam organisme. Namun, secara umum, dampaknya bisa menjadi serius karena setiap bagian sel memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup sel dan organisme secara keseluruhan. Berikut beberapa contoh dampaknya:

  • Gangguan pada organel sel yang terlibat dalam produksi energi (misalnya, mitokondria) dapat menyebabkan penurunan energi seluler, yang mengganggu fungsi normal sel dan organ tubuh.
  • Jika bagian sel yang mengandung DNA (inti sel) mengalami kerusakan atau menghilang, sel tersebut mungkin kehilangan kemampuan untuk melakukan replikasi dan memperbaiki diri, sehingga menyebabkan gangguan dalam perkembangan dan pertumbuhan sel.
  • Jika bagian sel yang bertanggung jawab untuk produksi protein (ribosom) mengalami gangguan, sintesis protein akan terganggu, menyebabkan gangguan dalam fungsi seluler dan proses biokimia penting.

3. Jaringan sklerenkim terdiri dari sel-sel sklerenkim yang memiliki dinding sel yang kaku dan kuat karena mengandung lignin. Beberapa organel sel yang berperan dalam fungsi sklerenkim adalah:

  • Vakuola: Vakuola besar pada sel sklerenkim berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan zat-zat sisa metabolik. Pada sel dewasa, vakuola akan mengambil sebagian besar ruang dalam sel dan mendorong dinding sel menjadi kaku.
  • Dinding Sel: Dinding sel sklerenkim mengandung lignin, yang memberikan kekuatan dan ketahanan ekstra pada sel. Lignin adalah senyawa kompleks yang memberikan karakteristik kaku pada dinding sel sklerenkim, sehingga membantu memberikan dukungan mekanis pada jaringan tumbuhan.
  • Sitoplasma: Meskipun sitoplasma bukan merupakan organel, tetapi pada sel sklerenkim, sitoplasma mengalami penyusutan dan hampir menghilang. Hal ini terjadi karena sel sklerenkim dewasa berfungsi sebagai bagian struktural yang mati. Proses ini menyebabkan sel sklerenkim kehilangan kandungan air dan zat-zat seluler lainnya, sehingga menyisakan ruang yang lebih besar untuk dinding sel dan memberikan dukungan yang lebih baik pada tumbuhan.
Baca Juga :  Tanggung Jawab Warga Negara Teks Bacaan dan Kunci Jawaban

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.10 tentang Membran Plasma

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.