Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan – Halo sobat gurune, tumbuhan adalah organisme yang termasuk dalam kerajaan Plantae dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Mereka merupakan makhluk hidup multiseluler eukariotik, yang berarti mereka memiliki sel-sel yang memiliki membran inti (nukleus). Tumbuhan adalah produsen utama dalam rantai makanan, karena mereka mampu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan mereka sendiri menggunakan energi dari cahaya matahari, karbon dioksida, dan air.

Nah, kali ini kita akan membahas soal uji kompetensi bab 3. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan Halaman 86

Uji Kompetensi

Bacalah wacana berikut, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya!

Hidroponik adalah salah satu cara untuk menumbuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah. Tanaman akan ditanam pada material yang memiliki pori-pori besar, dan pori-pori itu akan terisi oleh air. Berikut adalah gambar sistem hidroponik sederhana.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Bagian-Bagian Tumbuhan

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan

Air akan dipompa melewati sistem 4 hingga 6 kali sehari, tergantung dengan jenis tanamannya. Pada saat pompa berhenti, kelebihan air akan mengalir dan terkumpul di tangki penyimpanan air.

Penelitian menemukan bahwa tanaman yang ditanam dalam sistem hidroponik menggunakan lebih sedikit air dibandingkan tanaman yang ditanam di atas tanah. Kunci dari alasan ini terletak dalam desain sistem hidroponiknya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fase Hidup Tumbuhan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Apa yang menyebabkan tanaman yang ditanam dalam sistem hidroponik menggunakan air lebih sedikit dibandingkan tanaman yang ditanam di atas tanah?

Baca Juga :  Belajar Gerakan Silat Tendangan

2. Fitur sistem hidroponik apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Persamaan dan Perbedaan Siklus Hidup Lumut dan Paku

Jawaban :
1. Tanaman dalam hidroponik menggunakan air lebih sedikit karena air diberikan langsung ke akar tanaman, mengurangi pemborosan. Sistem irigasi yang efisien dan kontrol nutrisi yang tepat juga membantu mengoptimalkan penggunaan air.

2. Pernyataan

No Pernyataan Benar Salah
1 Organ tumbuhan yang berperan paling penting dalam kelangsungan hidup tumbuhan pada sistem hidroponik tersebut adalah daun karena fotosintesis terjadi di daun.   V
2 Air yang dipompa oleh pemompa air akan terkumpul di dalam pori-pori material. Pemompaan yang terlalu sering akan menyebabkan akar menjadi busuk akibat kandungan air yang terlalu banyak di pori-pori material. V  
3 Material padat seperti tanah liat dapat digunakan pada sistem hidroponik karena dapat mendukung pertumbuhan akar dan penyerapan air yang maksimal.   V

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Organ Tumbuhan dan Fungsinya

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.