Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Respirasi Aerob dan Anaerob

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Respirasi Aerob dan Anaerob – Halo sobat gurune, respirasi adalah proses fundamental yang terjadi dalam sel-sel makhluk hidup, yang memungkinkan pengambilan energi dari nutrisi yang dikonsumsi untuk mempertahankan kehidupan dan melakukan berbagai aktivitas biologis. Proses ini memiliki dua jalur utama: respirasi aerob dan respirasi anaerob. Keduanya berperan penting dalam memberikan energi yang diperlukan oleh sel-sel untuk menjalankan berbagai fungsi, namun keduanya berlangsung dalam kondisi yang sangat berbeda.

Respirasi aerob adalah proses metabolisme seluler yang menggunakan oksigen untuk menguraikan molekul organik (seperti glukosa) menjadi karbon dioksida, air, dan energi dalam bentuk adenosina trifosfat (ATP). Ini adalah proses yang paling umum dan efisien dalam menghasilkan energi, dan banyak makhluk hidup, termasuk manusia, mengandalkan respirasi aerob sebagai sumber utama energi. Selain menghasilkan lebih banyak ATP daripada respirasi anaerob, respirasi aerob juga lebih efisien dalam menghilangkan produk sampingan, seperti karbon dioksida, yang dihasilkan selama proses ini. Pada dasarnya, respirasi aerob berfungsi sebagai pembakaran bahan bakar dalam sel, memberikan energi yang diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh dengan optimal.

Sedangkan respirasi anaerob, di sisi lain, terjadi ketika sel tidak memiliki akses yang cukup terhadap oksigen. Ini adalah mekanisme cadangan yang diaktifkan ketika oksigen terbatas atau tidak ada sama sekali, seperti dalam kondisi anaerobik seperti latihan fisik yang sangat intens atau saat kekurangan oksigen di lingkungan. Meskipun tidak seefisien respirasi aerob dalam menghasilkan ATP, respirasi anaerob tetap penting dalam beberapa konteks. Proses ini terjadi lebih cepat dan dapat memberikan energi sementara selama keadaan darurat, walaupun dengan menghasilkan asam laktat sebagai produk sampingan yang dapat menyebabkan penumpukan asam dalam otot, menyebabkan kelelahan.

Baca Juga :  Air untuk Kebutuhan Sehari-hari

Nah, kali ini akan dibahas soal tentang respirasi aerob dan anaerob. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Tahapan Respirasi Aerob

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Respirasi Aerob dan Anaerob Halaman 32

AKTIVITAS 1.13

Mengukur Tingkat Pemahaman tentang Respirasi Aerob dan Anaerob

1. Tentukan macam-macam variabel pembeda antara respirasi aerob dengan anaerob!

2. Buat tabel seperti di bawah ini. Kemudian, tulis perbedaan antara respirasi aerob dengan anaerob berdasarkan variabel pembedanya masing-masing.

No Variable pembeda Respirasi aerob Respirasi anaerob
1
2
3
4
5

3. Presentasikan tabel kalian di depan kelas.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Tahapan Dekarboksilasi Oksidatif

Jawaban :

No Variable pembeda Respirasi aerob Respirasi anaerob
1 Oksigen Dibutuhkan Tidak dibutuhkan
2 Tahapan Ada 4 tahap :

Glikolisis

Dekarboksilasi osidatif,

Siklus krebs,

Transport electron

Ada 2 tahap :

Glikolisis,

Dekarboksilasi nonoksidatif

3 Tempat Sitosol sitoplasma Sitosol dan mitokondria
4 Hasil sampingan CO2 dan H2O CO2 dan etanol
5 Hasil ATP 38 ATP 2 ATP

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Tahapan Glikolisis

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.