Kunci Jawaban dari Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

gurune.net – Kunci Jawaban dari Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya. Dalam buku siswa kelas V tema 6 Sub tema 1 pembelajaran ke 4 terdapat sebuah bacaan yang berjudul ” Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya” kali ini gurune akan membahas materi tersebut dan menguraikan kunci jawaban dari bacaan tersebut.

Kunci Jawaban dari Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.  Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya.  Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

akibat negatif interaksi manusia dengan alam

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan  kerugian yang sangat besar.   

Sumber : Bukusiswa kelas V SD/MI K-13

Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko 

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Baca Juga : Contoh Jawaban dari bacaan hak – hak siswa

Kunci Jawaban dari Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut! 

1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya?  Mengapa?

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.  Karena Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!

Para petani memanfaatan alam khususnya daerah pertanian untuk bercocok tanam.

Para nelayan memanfaatkan laut untuk diambil ikanya

Para penggali pasir memanfaatkan sungai untuk diambil pasirnya

3. Sebutkan dan jelaska contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Membuang sampah ke got dan sungai – interaksi negatif manusia dengan alam tersebut selain membuat lingkungan kumuh dan kotor juga akan menyebabkan mampetnya aliran aliran got dan sungai sehingga terjadilah banjir.

Warga menebangi pohon – pohon besar disekitar wilayah yang landai – interaksi manusia dengan alam tersebut adalah bentuk interaksi negatif yang bisa menyebabkan longsor jika tidak dilakukan reboisasi

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya?  Jelaskan!

Banjir, tanah longsor, pencemaran tanah, kekeringan.

jika suatu wilayah sudah ditebangi semua pohon – pohonya maka disaat musim kering sumber air disekitar daerah itu akan berkurang, akibatnya dimusim kemarau akan cepat mengalami kekeringan.

Perhatikanlah  masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu! 

Kunci Jawaban Ayo mengamati

Leave a Comment