Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.1 Halaman 116 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.1 Halaman 116 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan membahas Kunci Jawaban pada buku siswa IPA kelas 7 Aktivitas 4.1 di Halaman 116.

Aktivitas 4.1 di Halaman 116 ini merupakan percobaan pada Bab 4 Gerak dan Gaya.

Sobat gurune dapat menemukan soal Percobaan Aktivitas 4.1 yaitu Balapan Berpindah Posisi pada halaman 116.

 

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.1 Halaman 116 Kurikulum Merdeka

 

Percobaan Aktivitas 4.1

Balapan Berpindah Posisi

Ajaklah dua orang teman kalian untuk adu balap pindah posisi tempat duduk. Kalian dapat menyusun empat bangku dengan jarak yang berbeda-beda. Ajak teman kalian untuk melakukan hal yang sama. Kalian dapat mengetahui jarak tempuh dari bangku pertama hingga bangku ketiga atau terakhir dengan menghitung banyaknya langkah kaki yang diperlukan. Saat kalian dan teman kalian adu balap pindah posisi dari satu bangku ke bangku terakhir dengan berjalan cepat, gunakan stopwatch atau jam tangan untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai bangku terakhir. Apakah kalian mendapatkan kelajuan dari gerakan langkah kaki yang kalian lakukan?

Coba bandingkan dengan kelajuan langkah kaki teman kalian.

Jawaban:

Dari balapan berpindah posisi akan mendapat kelajuan dari gerakan langkah kaki yang dilakukan.

Setelah dibandingkan dengan kelajuan kaki teman, teman yang memiliki tinggi badan lebih dari saya akan lebih besar lagi kelajuan yang didapatkannya.

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.1 Halaman 116 Kurikulum Merdeka. Kunci jawaban ini dapat kalian jadikan referensi dalam mengerjakan Percobaan Aktivitas 4.1 Balapan Berpindah Posisi, tetapi tidak mutlak kebenarannya ya

Baca Juga :  Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 7.3 dan 7.4 Kurikulum Merdeka

 

Fakta Sains

Mobil Tercepat di Dunia

Apakah kalian pernah naik mobil dengan kecepatan tinggi? Bagaimanakah rasanya? Seberapa cepat mobil atau kendaraan yang kalian tumpangi?

Nah, teman kalian mobil tercepat di dunia yang yang dapat melintas di jalan raya yang tercatat hingga hari ini? Mobil tersebut adalah Bugatti Chiron Super Sport 300+. Sebuah mobil sport produksi Bugatti Automobiles SAS (grup otomotif negara Jerman bernama Volks Wagen (VW)) di pabriknya di Molsheim, Prancis, dan dijual dengan merek Bugatti ini mampu mencapai kecepatan 490 km/jam (Jika diubah ke dalam meter per detik, dapatkah kalian menentukannya?) Jumlah produksi Bugatti Chiron Super Sport 300+ sangat terbatas, hanya 30 unit dengan harga mulai € 3,5 juta (3,5 juta euro) atau sekitar 54,3 miliar rupiah untuk setiap unitnya.

Menurut kalian kira-kira faktor apa saja yang membuat mobil tersebut dapat melaju begitu begitu cepat? Apa saja yang membuat mobil tersebut menjadi mahal harganya? Diskusikan dengan teman kalian.

Kalian juga dapat mencari kembali kendaraan lain yang bergerak cepat di darat maupun di udara. Temukanlah informasi yang menyebabkan kenapa kendaraan tersebut dapat bergerak cepat.

Sumber: https://www.acc.co.id/news/read/inilah-bugatti-chiron-super-sport-300-versi-produksi-sang-pemecah-rekor-kecepatan

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.