Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier) – Halo sobat gurune, hukum kekekalan massa juga dikenal sebagai Hukum Lavoisier, adalah salah satu konsep fundamental dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Hukum ini ditemukan oleh ahli kimia Prancis bernama Antoine Lavoisier pada abad ke-18. Hukum Kekekalan Massa menyatakan bahwa dalam suatu reaksi kimia, massa total bahan-bahan yang terlibat dalam reaksi akan tetap konstan sebelum dan setelah reaksi tersebut.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier). Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier) Halaman 88

Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)

Pada tahun 1780-an, seorang ilmuwan Prancis Antoine Laviosier yang dikenal sebagai bapak kimia modern menyangkal keberadaan flogiston. Ia melakukan eksperimen dengan cara menggunakan deplogisticated gas hasil temuan Joseph Priestley. Antoine Lavoisier menamai deplogisticated gas sebagai gas oksigen. Laviosier menunjukkan bahwa proses pembakaran membutuhkan oksigen yaitu gas dengan massa tertentu yang dapat diukur dengan menimbang wadah tertutup. Oksigen terlibat dalam reaksi pembakaran. Kesimpulan dari eksperimennya menyatakan bahwa zat bernama flogiston dalam proses pembakaran itu tidak pernah ada. Mengapa? karena terbakarnya sebuah benda itu terjadi apabila oksigen bertemu dengan bahan yang terbakar.

Nah berdasarkan ulasan sejarah perkembangan teori terkait pembakaran maka bagaimana perbedaan teori flogiston terhadap teori terkait pembakaran yang dikenal saat ini? Diskusikan dalam kelompok lalu jawablah pertanyaan berikut.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Latihan tentang Hubungan Bilangan Avogadro dan Jumlah Mol

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 92

Ayo Berlatih

Lingkari jawaban yang paling tepat.

1. Menurut teori flogiston pada reaksi pembakaran maka flogiston………. (diambil/dilepaskan)

2. Menurut teori terkait reaksi pembakaran yang dikemukakan Lavoisier maka oksigen……… (diambil/dilepaskan) saat pembakaran untuk membentuk oksida.

Jawaban :

1. Dilepaskan

2. Diambil

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Kimia Hijau

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.