Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Teknik Kultur Jaringan

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Teknik Kultur Jaringan – Halo sobat gurune, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan langka tumbuhan adalah dengan menggunakan teknik kultur jaringan. Teknik ini mencakup serangkaian metode yang memungkinkan para ilmuwan dan petani untuk mengembangkan tanaman baru dari bahan tanaman yang sudah ada. Metode ini berbasis laboratorium, memungkinkan pembiakan tumbuhan secara cepat dan efisien tanpa perlu mengandalkan biji atau stek.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang Teknik kultur jaringan. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Teknik Kultur Jaringan Halaman 161

Aktivitas 7.2

Ayo Menelaah

Bacalah intisari dua artikel berikut.

Intisari artikel 1 berjudul Kultur Jaringan pada Pisang yang ditulis oleh Ir. IGA. Maya Kurnia, M.Si

Pisang yang merupakan buah komoditas utama yang peminatnya tinggi di Bali dapat diperbanyak dengan menggunakan kultur jaringan. Kultur jaringan merupakan metode untuk mengisolasi sel, jaringan atau organ tertentu yang ditumbuhkan secara aseptis menjadi tumbuhan lengkap. Melalui metode ini 99% tanaman pisang dapat tumbuh.

Intisari artikel 2 berjudul Zhong Zhong dan Hua Hua, Monyet Hasil Kloning Ini Akan Hidup Menderita? yang ditulis oleh Akhyari Hananto.

Zhong Zhong dan Hua Hua adalah primata pertama yang berhasil dikloning oleh Ilmuan dari Cina. Monyet ini dikloning dengan metode yang sama dengan domba Dolly dengan 79 kali percobaan, dimana sepanjang proses percobaan sebanyak 79 monyet dibuat hidup dalam kondisi yang menyedihkan dan hidup dalam hitungan hari.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Dampak Eksplorasi dan Penggunaan Energi

Baca Juga :  Download Buku Siswa PA Khonghucu Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Setelah membaca artikel tersebut, cobalah Kalian menjawab pertanyaan berikut.

1. Berdasarkan artikel tersebut apa kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu?

2. Apa kelemahan penggunaan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan?

3. Pada hewan juga dikenal teknik kloning. Menurut Kalian, apakah teknik kloning tepat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan langkanya hewan tertentu?

Jawaban :

1. Kelebihan teknik kultur jaringan adalah dapat memproduksi tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat yang sama.

2. Kelemahan teknik kultur jaringan adalah sifat tanaman seragam sehingga tidak ada variasi pada tanaman yang dihasilkan.

3. Menurut saya teknik kloning dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan langkanya hewan tertentu, akan tetapi hasil kloning menghasilkan hewan yang sifatnya sama sehingga tidak ada variasi.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bentuk-bentuk Energi

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.