Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materi Jenis Keragaman Budaya pada halaman 212-214 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 4 dan Aktivitas 5.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 212-214.

Kali ini kita akan membahas tentang Jenis Keragaman Budaya. Mari kita bahas bersama!

 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka

2. Jenis Keragaman Budaya

Jenis keragaman budaya dalam masyarakat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan fisik. Keragaman tersebut dapat dijumpai pada masyarakat yang bermukim di dataran tinggi dan masyarakat yang bermukim di dataran rendah. Jumlah penduduk dan luas wilayah akan memengaruhi keberagaman. Masyarakat dengan jumlah yang sedikit cenderung memiliki budaya yang seragam, tetapi masyarakat yang jumlahnya besar akan memiliki banyak sub atau bagian keragaman budaya. Misalnya di Pulau Sumatra, bahasa Batak terbagi menjadi beberapa rumpun.

 

Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Individu

Selidiki pernyataan di bawah ini merupakan mitos ataukah fakta:

Orang Batak cenderung berbicara dalam nada tinggi dan setengah berteriak. Hal ini terjadi akibat mayoritas masyarakat yang tinggal di dataran tinggi dengan rumah yang jaraknya saling berjauhan. Kebiasaan tersebut terbawa hingga saat ini, walaupun jarak rumah sudah semakin berdekatan.

Jawaban:

Fakta

Penjelasan:

Suku Batak memiliki ciri khas yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya salah satunya adalah terkenal dengan nada bicaranya yang tinggi.

Nada bicara yang tinggi sudah menjadi kebiasaan dari orang dari Suku Batak meskipun tidak semua orang suku Batak memiliki nada bicara yang tinggi.

Kebiasaan berbicara dengan nada tinggi bukan berarti menandakan orang dari Suku Batak memiliki kepribadian tempramental atau suka marah-marah.

Salah satu penyebab kebiasaan Suku Batak berbicara dengan nada tinggi adalah terkait letak geografis tempat tinggal orang dari Suku Batak.

 

Baca Juga :  Tanggap Wacana ( Pasrah Penganten Kakung )

Proses lain seperti kolonialisme, perang, dan globalisasi telah menyebabkan populasi asing menetap di daerah baru dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Akibatnya terbentuk komunitas masyarakat yang dipengaruhi oleh beberapa budaya. Dari setiap keragaman budaya yang terus berinteraksi tersebut, kemudian lahir kebudayaa baru.

Dalam sebuah kebudayaan terdapat unsur-unsur budaya universal. Kluckhon, dalam karyanya Universal Categories of Culture, membagi sistem budaya universal tersebut ke dalam tujuh unsur kebudayaan. Istilah budaya universal menurut Koentjaraningrat mengacu pada unsur unsur kebudayaan yang bersifat universal sehingga dapat ditemukan pada berbagai kebudayaan bangsa-bangsa. Tujuh unsur kebudayaan universal tersebut adalah:

a. Bahasa

b. Sistem pengetahuan

c. Sistem organisasi kemasyarakatan

d. Sistem peralatan hidup dan teknologi

e. Sistem mata pencarian hidup dan sistem ekonomi

f. Sistem religi

g. Kesenian

Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia tersusun atas beragam kebudayaan. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2020, keseluruhan suku bangsa yang terdapat di Indonesia mencapai 714 suku bangsa. Keberagaman budaya atau pluralitas ini dibangun karena adanya berbagai kebudayaan lokal. Terdapat 6.000 bahasa etnik di dunia dan 1.200 bahasa etnik/daerah tersebut dapat ditemukan di Indonesia. Dari 1.200 bahasa tersebut, 33% merupakan bahasa Papua dan sisanya terbagi menjadi bahasa Austronesia yang tersebar di ribuan pulau di Indonesia.

Keragaman budaya merupakan kekayaan bangsa yang perlu kita lestarikan. Tidak hanya untuk kegiatan pariwisata, tetapi pelestarian budaya juga perlu dilakukan untuk kepentingan generasi penerus bangsa agar tidak kehilangan jati diri kebudayaannya. Pelestarian budaya daerah perlu dilakukan karena setiap budaya daerah adalah bagian dari budaya nasional, kebudayaan nasional Indonesia turut menjadi bagian dari kebudayaan global.

 

Lembar Aktivitas 5 Aktivitas Kelompok

Baca Juga :  Download Kisi-Kisi US PAIBP Kelas 6 SD TP 2022/2023

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-6 peserta didik

2. Bukalah https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/

3. Jawablah pertanyaan berikut

a. Menurut kalian, adakah jenis warisan budaya di sekitar tempat tinggal kalian yang belum tercatat? Jika ada, sebutkan!

b. Carilah jenis-jenis warisan budaya tak benda yang ada disekitar wilayah kalian, kemudian lengkapi tabel pada lembar kerja berikut

 

Lembar Kerja Peserta didik

Wilayah

Seni Pertunjukan Pengetahuan dan Kebiasaan Perilaku Mengenal Alam dan Semesta Adat Istiadat Masyatakat, Ritus, dan Perayaan perayaan Tradisi dan Ekspresi Lisan

Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional

Sulawesi Selatan Tari Gending Sriwijaya Aluk Todolo Akkorntigi Apokia Okaluku Akomata Alang
Aceh Kanji Rumbi Seumpa Anta Mangaji Bahasa Jamee Arsitektur Tadisional Aceh Tamiang
DI Yogyakarta Bedaya Semang Gurah Ancak-ancak Alis Benthik Bubur Sumsum
Bali Barong Arak Bali Ngrebeg Mekotek Malonceng-loncengan Gula Kelapa
Papua Tari Yospan Papua Aisoki Apenbayeren Ampakeari Arsitektur Tradisional Suku Tobati

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tantang Jenis Keragaman Budaya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.