Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 235-237 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 235-237 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materi Pemberdayaan Masyarakat: Tabungan dan Investasi pada halaman 229-232 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 14.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 235-237.

Kali ini kita akan membahas tentang Pemberdayaan Masyarakat: Tabungan dan Investasi dan juga kunci jawaban Aktivitas 14 pada halaman 235-237.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 233-235 Kurikulum Merdeka

3. Tabungan

Tabungan merupakan simpanan yang berasal dari pendapatan, berupa uang yang belum atau tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau kepentingan lain. Saat ini masyarakat lebih sering menabung di bank. Tren menabung di rumah mulai berganti karena lebih berisiko terhadap pencurian maupun bencana alam. Menabung di bank dipilih karena lebih aman terlebih lagi sudah banyak bank yang terdaftar pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

LPS berfungsi sebagai penjamin keamanan tabungan nasabah hingga 2 milyar. Ada beberapa manfaat seseorang menabung yaitu:

a. Melatih gaya hidup hemat

b. Uang tersedia untuk hal mendesak

c. Meminimalkan hutang

 

4. Investasi

Apakah tabungan dan investasi adalah hal yang sama? Tabungan dan investasi sering kali dianggap sama oleh masyarakat. Tabungan dan investasi merupakan dua hal yang berbeda.

Jika tabungan bertujuan untuk menyimpan uang yang tidak digunakan sementara investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah yang dimiliki. Seseorang, yang melakukan investasi berharap mendapatkan imbalan berupa laba, deviden ataupun bunga dari hasil investasinya. Ada beberapa instrumen investasi yang dapat dipilih seperti saham, obligasi dan reksadana. Namun, perlu diingat bahwa memilih intrumen investasi juga perlu beberapa pertimbangan karena banyak investasi bodong yang merugikan masyarakat. Ada beberapa tawaran investasi yang perlu dihindari oleh masyarakat yaitu:

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 204-207 Kurikulum Merdeka

a. Imbalan hasil investasi terlalu tinggi dengan waktu yang singkat

b. Sedikit informasi atau bahkan tidak ada mengenai perusahaan investasi yang dipilih

c. Investor seringkali diminta mencari orang lain untuk bergabung

d. Tidak jelas jenis usaha yang dijalankan

e. Biasanya dipromosikan oleh tokoh masyarakat atau artis untuk memikat investor

 

Investasi dapat ditempuh dengan modal kecil, investasi tersebut berupa reksadana dan investasi emas. Reksadana adalah salah satu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian diinvestasikan kembali dalam bentuk portofolio efek oleh Manajer investasi. Dengan berinvestasi pada reksadana berarti kita menitipkan uang untuk diinvestasikan kembali dalam bentuk portofolio efek. Investasi dengan reksadana tidak memerlukan dana yang besar, bahkan mulai dari Rp10.000 kita dapat mulai berinvestasi. Selain reksadana, investasi dengan dana yang kecil dapat dilakukan dengan membeli emas. Karena nilai emas cenderung selalu naik, invetasi emas menjadi salah satu alternatif investasi yang mudah. Investasi emas dapat dimulai dari 1 gram bahkan sekarang tersedia minigold yang berukuran 0.05 gram, 0,1 gram, 0,25 gram dan 0,5 gram.

Sebagai contoh, Lili membeli emas seberat 1 gram pada tanggal 1 Juli 2018 dengan harga Rp701.000. Kemudian pada tanggal 11 Oktober 2020 Lili menjual emasnya tersebut sesuai dengan harga pasaran sebesar Rp1.007.000. Berdasarkan contoh tersebut investasi emas yang dilakukan Lili menghasilkan keuntungan sebesar Rp306.000.

 

Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Individu

• Setelah mempelajari materi tentang tabungan dan investasi kalian dapat mengetahui perbedaan di antara keduanya. Apakah perbedaan antara tabungan dan investasi?

Jawaban:

Tabungan adalah lebih ke penyimpanaan untuk kepentingan dimasa yang akan datang dan berjangka panjang, dalam menabung juga dapat meningkatkan nilai aset melalui bunga.

Investasi adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang untuk menambah nilai aset yang sudah dimiliki.

Penjelasan:

Sehingga tabungan untuk menyelamatkan resiko yang nyaris tidak ada, sedangkan investasi lebih ke arah menaikan nilai aset yang memiliki resiko. contoh tabungan yaitu menyimpan uang sisa pendapatan atau gajian di dalam bang yang bisa di ambil sewaktu waktu ketika perlu sedangkan contoh investasi yaitu ber investasi melalui saham, obligasi, reksa dana, tanah maupun property lainya.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 212-214 Kurikulum Merdeka

• Jika kalian diberikan uang Rp1.000.000 apakah kalian akan menggunakannya untuk menabung atau melakukan investasi? Berikan alasannya!

Jawaban:

Untuk saat ini pendapatan saya masih di gunakan untuk menabung karena memiliki resiko rendah dan dapat di ambil sewaktu-waktu ketika butuh.

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 235-237 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tentang Pemberdayaan Masyarakat: Tabungan dan Investasi dan juga kunci jawaban Aktivitas 14.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.