Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 258 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 258 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan kunci jawaban pada Evaluasi Pengayaan Bab 4 Pemberdayaa Masyarakat.

Evaluasi Pengayaan ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 258.

Kali ini kita akan membahas tentang Evaluasi Pengayaan Bab 4 Pemberdayaa Masyarakat pada halaman 258.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 258 Kurikulum Merdeka

 

PENGAYAAN

Selain komunitas Blood For Life yang sudah disebutkan di atas, upaya pemberdayaan masyarakat ada juga yang berbentuk Survei Partisipasi Penilaian Pedesaan atau yang lebih dikenal sebagai Participatory Rural Appraisal (disingkat menjadi PRA). Survey ini dilakukan terhadap masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana dan digunakan untuk mengetahui kerentanan masyarakat terhadap bahaya lingkungan sebagai bagian dari proses Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Spatial knowledge atau pengetahuan spasial yang dihasilkan oleh partisipan publik dalam bentuk sketsa atau peta digital memerlukan wawasan kebencanaan yang mumpuni.

Dengan memanfaatkan media yang ada seperti buku, koran, majalah, dan Internet, temukan komunitas di Indonesia yang bergerak di bidang kebencanaan, kalian boleh bertanya kepada orang tua kalian atau saudara kalian, atau kalian juga dapat mengunjungi perpustakaan sekolah kalian. Tuliskan hasil temuan kalian di sini atau di buku tulis kalian:

Indonesia merupakan negara yang berada pada letak geologis yang memiliki potensi yang kaya akan sumber daya mineral. Namun memiliki resiko bencana yang tinggi juga karena letak geologis itu. Sehingga perlu adanya lembaga yang bisa mengelola penanggulangan bencana dengan baik. Berikut adalah beberapa lembaga penanggunlangan bencana di Indonesia:

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka

BNPB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Merupakan lembaga pemerintah yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia yang mempunyai tugas yaitu : mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanganan bencana dan kedaruratan secara terpadu, melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan baik dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.

 

BPBD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Merupakan lembaga pemerintah yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota.

 

PVMBG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Merupakan lembaga di lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. PVMBG memiliki tugas yaitu melaksanakan perumusan kebijaksanaan, standardisasi, bimbingan teknis dan evaluasi bidang vulkanologi dan mitigasi bencana alam geologi.

 

PMI, Palang Merah Indonesia.

Merupakan suatu organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI memiliki tugas yaitu membantu pemerintah Indonesia tugas-tugas kepalangmerahan yang meliputi: Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Sukarelawan, Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pelayanan Transfusi Darah.

 

BNPP, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau lebih dikenal dengan BASARNAS.

Merupakan lembaga pemerintah yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue/SAR). BNPP berperan dalam penanganan musibah pelayaran dan/atau penerbangan, dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah.

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 258 Kurikulum Merdeka Evaluasi Pengayaan Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.