Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 203

Table of Contents

gurune.net – Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 203 . Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas kunci jawaban Ayo Kita Berlatih 5.1 bab Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Baca Juga :  Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Soal latihan yang akan kita bahas kali ini bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 8 halaman 181. Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 203

1. Manakah di antara persamaan berikut yang merupakan persamaan linear dua variabel?

Jawaban :

2. Tulislah rumus untuk ukuran yang diberikan berikut. Jelaskan setiap variabel yang kalian gunakan. Tentukan manakah variabel terikat dari rumus yang kalian tulis.

a. Keliling persegi panjang dengan panjang 5 dm.
b. Luas trapesium dengan panjang dua sisi sejajarnya adalah 7 cm dan 11 cm.

Jawaban :

a) K = 2p + 2l = 2 × 5 + 2l atau K = 10 + 2l

Variabel yang digunakan adalah K yang menyatakan keliling pesegipanjang dan l menyatakan lebar persegi panjang. Variabel terikat adalah K, keliling persegi panjang tergantung pada lebar persegi panjang.

b) L = ½ x ( 7 + 11)  x t ⇒ L = 9t

Variabel yang digunakan adalah L dan t yang masing-masing menunjukkan luas dan tinggi trapesium. Variabel terikat adalah L, luas trapesium.

 

3. Tentukan apakah pasangan berurutan berikut merupakan salah satu selesaian dari persamaan yang diberikan atau tidak.

Jawaban :

4. Untuk membayar tagihan air, pelanggan untuk rumah tangga golongan II dikenakan biaya administrasi Rp6.500,00 per bulan dan biaya pemakaian air Rp5.000,00 per m3. Tuliskan persamaan linear dua variabel yang menunjukkan total biaya pelanggan rumah tangga golongan II tiap bulannya.

Jawaban :

 

5. Lengkapi pasangan berurutan berikut sehingga menjadi selesaian dari persamaan.

Jawaban :

6. Seorang atlet selalu menjaga kondisi badannya dengan olahraga rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membakar kalori. Lama (rentang waktu) olahraga pun menjadi salah satu faktor berapa banyak kalori yang terbakar saat olahraga. Berikut table yang menunjukkan hubungan antara lama berolahraga dengan banyak kalori yang terbakar. Tentukan persamaan yang menunjukkan hubungan antara lama berolahraga dengan banyaknya kalori yang terbakar.

Jawaban :

Baca Juga :  Daftar Universitas Negeri di Jogja

 

7. Perhatikan ketiga bangun yang terbentuk dari segi lima berikut.

Jawaban :

8. Bu Retno memberlakukan “Sistem Kejujuran” bagi setiap siswa yang ingin membeli pensil dan penghapus. Siswa hanya tinggal meletakkan uangnya ke dalam “kotak kejujuran” yang ada.

Di koperasi sekolah, harga setiap pensil adalah Rp2.500,00 dan harga setiap penghapus Rp1.500,00 Suatu hari, Bu Retno mendapatkan Rp10.500,00 dalam kotak kejujuran. Beliau merasa kebingungan ketika menentukan banyak pensil dan penghapus yang terjual. Bantu Bu Retno untuk menentukan banyak pensil dan penghapus yang mungkin.

Jawaban :

9. Perhatikan dialog berikut.

a. Mengapa Zainul mengatakan itu, sedangkan Erik mengatakan hal yang lain?
b. Nah, untuk semesta yang bagaimanakah pernyataan Zainul benar?

Jawaban :

a) Karena Zainul mengira bahwa himpunan selesaian dari persamaan tesebut adalah himpunan selesaian bilangan asli. Sedangkan Erik mengira bahwa himpunan selesaian dari persamaan tersebut adalah himpunan selesaian bilangan bulat.

b) Pernyataan Zainul benar untuk semesta bilangan asli.

 

10. Apakah 2x + 4y = 10 mempunyai selesaian pada himpunan bilangan asli? Sebutkan apa saja selesaiannya

Jawaban :

Ya, selesaian tersebut adalah {(5, 0), (1, 2), (3, 1)}.

Penutup

Nah sobat guru, demikian Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 203. Semoga Bermanfaat.

 

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.