Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 67 Semester 2

gurune.net – Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 67 Semester 2. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas kunci jawaban matematika kelas 8 Ayo Kita Berlatih 7.1 bab Lingkaran.

Halo Sobat Guru! Salah satu materi yang akan kalian pelajari pada mata pelajaran matematika kelas 8 semester 2 adalah lingkaran. Pada bab ini sobat guru akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, hubungan antar unsur lingkaran, garis singgung, dan lainnya.

Kali ini gurune berkesempatan untuk membahas soal-soal berkaitan dengan unsur-unsur lingkaran. Soal-soal yang akan gurune bahas bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 8 halaman 67

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 67

A. Pilihan Ganda

 

1. Suatu lingkaran mempunyai jari-jari 10 cm. Pada lingkaran tersebut terdapat tali busur AB, CD, EF, dan GH, dengan panjang berturutturut 10 cm, 12 cm, 14 cm, dan 16 cm. Jika dari titik pusat lingkaran dibuat apotema terhadap masing-masing tali busur, apotema pada tali busur manakah yang terpanjang?

Jawaban : A. AB

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 7.3 Halaman 91 Bagian Esai

Langkah pertama adalah menentukan panjang apotema dari panjang tali busur masing-masing.
Jika panjang apotema = t ; maka rumus apotema: t² = r² – ( tali busur/2)²

Apotema pada tali busur AB:

t² = 10² – (10/2)²
= 10² – 5²
= 75

t = √75
= 5√3 =  8,66 cm

Jadi panjang apotema pada tali busur AB adalah 8,66 cm.

 

Apotema pada tali busur CD:

t² = 10² – (12/2)²
= 10² – 6²
= 64
t = √64
= 8 cm

Jadi panjang apotema pada tali busur CD adalah 8 cm.

Apotema pada tali busur GH

t²  = 10² – (16/2)²
= 10² – 8²
= 36
t   = √36
= 6 cm

Jadi panjang apotema pada tali busur GH adalah 6 cm.

 

2. Diketahui pada suatu lingkaran terdapat empat busur, yaitu busur AB, CD, EF, dan GH. Panjang AB > panjang CD > panjang EF > panjang GH. Jika pada masing-masing busur tersebut dibuat sudut pusat yang bersesuaian, maka sudut pusat terkecil menghadap busur ….

Jawaban : D. GH

Hubungan panjang busur lingkaran dengan sudut pusat lingkaran yakni semakin besar sudutnya maka semakin panjang juga panjang busurnya.

Sehingga jika panjang busur AB > panjang busur CD > panjang busur EF > panjang busur GH, maka besar sudut AOB > besar sudut COD > besar sudut EF > besar sudut GH.

Jadi, sudut pusat terkecil adalah sudut pusat yang menghadap busur GH.

Penutup

Nah sobat guru, demikian Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 67. Nantikan pembahasan nomor selanjutnya pada postingan lain. Semoga Bermanfaat dan dapat membantu sobat guru dalam memahami materi unsur-unsur lingkaran

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.