Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 179

gurune.net – Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 179. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas kunci jawaban Soal Latihan 3.4 bab transformasi pada buku matematika kelas 9.

Pada bab ini kita mempelajari tentang dilatasi. Soal latihan yang akan kita bahas kali ini bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 9 halaman 179.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 179

Latihan 3.4 Dilatasi

1. Tunjukkan apakah gambar yang berwarna biru merupakan hasil dilatasi dari gambar yang berwarna merah. Berikan penjelasanmu.

Jawaban :

a) Ya, karena termasuk ke dalam dilatasi jenis pembesaran
b) Ya, karena termasuk ke dalam dilatasi jenis pengecilan
c) Bukan, karena gambar berwarna biru merupakan bayangan hasil rotasi dari gambar berwarna merah
d) Ya, karena termasuk ke dalam dilatasi jenis pembesaran
e) Ya, karena termasuk ke dalam dilatasi jenis pembesaran
f) Bukan, karena gambar berwarna biru merupakan bayangan hasil refleksi dari gambar berwarna merah

2. Gambar yang berwarna biru merupakan hasil dilatasi dari gambar berwarna merah. Tentukan faktor skala dan jenis dilatasinya.

Jawaban :

a. Jenis dilatasi adalah pembesaran. Gambar berwarna biru merupakan hasil dilatasi dari gambar berwarna merah dengan pusat dilatasi di titik awal dan fakor skala 2.

b. Jenis dilatasi adalah pengecilan. Gambar berwarna biru merupakan hasil dilatasi dari gambar berwarna merah dengan pusat dilatasi di titik awal dan fakor skala 1/4.

c. Jenis dilatasi adalah pembesaran. Gambar berwarna biru merupakan hasil dilatasi dari gambar berwarna merah dengan pusat dilatasi di titik awal dan fakor skala 3/2.

Baca Juga :  Perangkat Pembelajaran

 

Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 179

 

3. Titik sudut dari masing-masing bidang datar diberikan sebagai berikut. Gambar bidang datar yang dimaksud dan bayangannya setelah dilatasi dengan factor skala yang diberikan masing-masing. Sebutkan jenis dilatasinya.

a. A (1, 1), B (1, 4), dan C (3, 1) dengan faktor skala 4
b. G (–2, –2), H (–2, 6), dan J (2, 6) dengan faktor skala 0,25
c. Q (–3, 0), R (–3, 6), S (4, 6), dan T (4, 0) dengan faktor skala 1/3

Jawaban :

a) Koordinat bayangan hasil dilatasi = A’ (4, 4), B’ (4, 16), C’ (12, 4) dan jenis dilatasinya adalah pembesaran.

b) Koordinat bayangan hasil dilatasi = G’ (–1/2, –1/2 ), H’ (-1/2, 3/2), J’ (1/2, 3/2) dan jenis dilatasinya adalah pengecilan.

c) Koordinat bayangan hasil dilatasi = Q’ (–1, 0), R’ (–1, 2), S’ (4/3, 2), T’ ( 4/3, 0) dan jenis dilatasinya adalah pengecilan.

4. Garis TU berkoordinat di T (4, 2) dan U (0, 5). Setelah didilatasi, bayangan yang terbentuk memiliki koordinat di T’ (6, 3) dan U’ (12, 11). Tentukan faktor skala yang digunakan

Jawaban :

Panjang garis TU adalah 5 satuan panjang, sedangkan panjang banyanganT’U’ adalah 10 satuan panjang, sehingga faktor skala yang digunakan adalah 10/5 = 2.

5. Segitiga KLM berkoordinat di K (12, 4), L (4, 8), dan M (8, –8). Setelah dua kali dilatasi berturut-turut yang berpusat di titik pusat dengan faktor skala yang sama, bayangan akhirnya memiliki koordinat K’’ (3, 1), L’’ (1, 2), dan M’’ (2, –2). Tentukan faktor skala k yang digunakan untuk dilatasi ∆KLM menjadi ∆K’’L’’M’’.

Jawaban :

Faktor skala dilatasinya adalah 1/2.

 

Penutup

Nah sobat guru, demikian Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 179. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :  Profesi Jaman Now

 

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.