Kunci Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan

Kunci Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan – Halo sobat gurune, dalam artikel ini akan disajikan informasi tentang teks deskripsi. Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya.

Nah, kali ini kalian akan belajar mendeskripsikan gambar secara lisan. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan Halaman 13

Kegiatan 5a:

Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan

Berdiskusi

Coba tulislah deskripsi gambar-gambar di bawah ini. Berdiskusilah dengan seorang teman. Agar deskripsi kalian kaya, cobalah menggunakan kata konkret, kalimat perincian, atau majas personifikasi. Setelah selesai, baca tulisan kalian secara bergiliran.

Baca Juga : Kunci Jawaban Menemukan  Majas Personifikasi pada Kutipan Misteri Terowongan Kereta

Tabel 1.3 Deskripsi Objek

Kunci Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan

Baca Juga : Kunci Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi

Jawaban :

1. Objek : Gambar 1.1 Bandrek

Deskripsi : Bandrek adalah minuman tradisional Indonesia yang populer terutama saat cuaca dingin. Tampilan bandrek ini adalah segelas minuman hangat dengan warna kecokelatan yang menggoda selera. Harum yang tercium dari bandrek ini sangat menggugah selera. Aroma wangi rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga menyatu dengan sempurna. Saat pertama kali meminum bandrek, Anda akan merasakan kombinasi manisnya gula merah yang terasa hangat di lidah. Kemudian, sensasi pedas namun menyenangkan dari jahe dan rempah-rempah lainnya akan terasa di tenggorokan.

2. Objek : Gambar 1.2 Gunung Papandayan

Deskripsi : Gunung Papandayan adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan berbagai elemen yang memukau mata para pengunjung. Saat mata memandang Gunung Papandayan di pagi hari, matahari terbit memberikan pemandangan yang memukau. Warna langit berubah menjadi lembut, dengan nuansa kuning keemasan yang dipadukan dengan sentuhan oranye dan merah muda yang lembut. Awan terlihat seperti gumpalan kapas yang ringan, mengapung dengan gemerlap putih di antara gunung-gunung yang menjulang.

Baca Juga :  Materi Pengembangan Artefak Komputasional, Informatika Kelas 7

3. Objek : Gambar 1.3 Yaki

Deskripsi : Kera hitam, atau yang juga dikenal sebagai yaki, adalah primata yang memiliki penampilan yang mencolok.Tubuh kera hitam ditutupi oleh bulu hitam yang tebal dan berkilau. Salah satu ciri khas yang membedakan kera hitam adalah bentuk rambutnya yang unik. Mereka memiliki jambul besar yang menonjol di atas kepala, memberi mereka penampilan yang mencolok dan membedakan mereka dari jenis kera lainnya. Kera hitam adalah hewan sosial yang berinteraksi dengan satu sama lain melalui komunikasi visual dan vokal. Mereka terkadang terlihat sedang bermain, bergantung-gantungan di ranting-ranting pohon, atau saling merawat bulu-bulu mereka.

Baca Juga : Kunci Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.