Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok PAI Halaman 145 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok PAI Halaman 145 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitas Kelompok tentang sikap munafik, dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 145 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 8 Aku Anak Saleh. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Aktivitas Kelompok

Peta Konsep

1. Buatlah peta konsep tentang munafik bersama kelompok kecilmu!

Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi

2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

peta konsep tentang munafik

Bagaimana Seharusnya Sikap Kita Jika Berkata?

Bersikap jujur harus selalu dilakukan dalam perkataan maupun perbuatan. Jujur dalam perkataan berarti mengatakan apa adanya atau yang sebenarnya, tidak mengada-ada. Jujur dalam perbuatan berarti juga mengerjakan sesuatu menuruti petunjuk atau aturan yang berlaku.

2. Bagaimana Jika Berjanji?

Ketika berjanji, kalian juga harus berkata jujur. Jika kalian berjanji dengan teman atau siapa saja, biasakanlah mengucapkan insyaallah. Insyaallah artinya jika Allah berkehendak.

Ucapan insyaallah bertujuan mengingatkan pengucap untuk bertekad bulat dan bersiap untuk mewujudkan janji. Pada saat yang sama, pengucap janji dan seseorang yang dijanjikan menyadari bahwa ia tidak mandiri dalam mewujudkan janjinya.

Terdapat banyak hal yang bisa menjadi sebab tidak terlaksananya janji, misalnya sakit atau hujan (cuaca buruk). Orang yang mengucapkan insyaallah menyadari bahwa hanya Allah Swt. yang dapat mengantar terlaksananya janji. Untuk menghindari terjadinya ingkar janji, sebaiknya seseorang tidak mudah mengumbar janji.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apa Pendapatmu Setelah Melihat Tulisan Q.S. AlḤujurāt/49:13 yang Rapi dan Indah? SD Kelas 4 PAI Halaman 10 Kurikulum Merdeka

3. Bagaimana Jika Medapatkan Amanah?

Jika mendapatkan amanah, kita harus selalu menjaga amanah yang diberikan. Kita juga harus memiliki tanggung jawab atas amanah yang diberikan. Kita juga harus rela mengembalikan amanah kepada pemiliknya.

Anak-Anak, ketika menerima amanah, kita harus menyadari akan kemampuan untuk memelihara dan mengembalikannya jika diminta oleh pemiliknya.

Begitupun ketika menyerahkan amanah kepada orang lain, kita harus meyakini bahwa penerima memiliki kemampuan itu. Menerima atau menyerahkan amanah kepada orang yang tidak memiliki kemampuan memikulnya akan mengakibatkan kehancuran.

Surat At-Taubah

Surat yang ada di Al-Quran mengenai janji salah satunya yaitu At-Taubah ayat 119 merupakan salah satu bentuk perintah Allah SWT kepada hambaNya untuk menuju kebenaran. Salah satunya adalah dengan perkara kejujuran.

Sebagai penguatan dari firmanNya, salah satu sabda Rasulullah SAW bahkan menyebut bahwa perkara kejujuran dapat menjembatani umat muslim untuk mengarah ke surga. Adapun bacaan lengkap surat At Taubah ayat 119 beserta latin, arti, dan kandungannya dapat disimak pada pemaparan berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Bacaan latin: Yā ayyuhallażīna āmanuttaqullāha wa kụnụ ma’aṣ-ṣādiqīn

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.” Surat At Taubah Ayat 119.

4. Apa Ati Munafik?

Munafik berarti bermuka dua. Munafik juga berarti berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak.

5. Apa saja ciri munafik?

Jika berkata, ia berdusta, jika berjanji, ia mengingkari, dan jika dipercaya, ia berkhianat, serta orang yang tidak senang menolong orang lain.

Ayat dalam Al-Quran tentang Munafik

Dalam surat At Taubah ayat 67 disebutkan bahwa orang munafik adalah orang-orang yang fasik. Mereka mengajak untuk berbuat mungkar dan mencegah untuk berbuat kebaikan.

Baca Juga :  Cara Membuat Montase, Kolase, Mozaik, dan Karya Aplikasi

اَلْمُنٰفِقُوْنَ وَالْمُنٰفِقٰتُ بَعْضُهُمْ مِّنْۢ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوْفِ وَيَقْبِضُوْنَ اَيْدِيَهُمْۗ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ – ٦٧

Artinya:

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir). Mereka telah melupakan kepada Allah, maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.” (Q.S At-Taubah: 67).

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 145 Kurikulum Merdeka bab 8 tentang Aku Anak Saleh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.
Ngabdul Manan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok PAI Halaman 145 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 2023-02-22 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.