Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok PAI Halaman 153 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok PAI Halaman 153 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitas Kelompok keistimewaan hari Jumat! dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 153 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 9 Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Aktivitas Kelompok

1. Menurut kalian, apa keistimewaan hari Jumat? Ceritakan pengalamanmu kegiatan pada malam dan siang hari Jumat!

Menurutku keistimewaan hari Jumat yaitu Allah SWT akan mengabulkan permintaan hamba-Nya, selama permintaan tersebut tidak menyebabkan dosa atau memutus tali silaturahmi. Maka dari itu, sebagai Muslim dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa dan bershalawat pada hari Jumat.

2. Untuk peserta didik laki-laki, ceritakan pengalamanmu melakukan salat Jumat!

Waktu itu, saya dan keluarga liburan keluar kota. Kota pertama yang kami kunjungi adalah Bandung. Pada hari jumat, saya dan ayah bangun sudah kesiangan. Soalnya, semalaman kami menjelajahi sudut-sudut kota Bandung yang ramai dengan turis. Itulah mengapa kami telat bangun pagi. Saya masih menganggap jadwal salat Jumat di Bandung dengan di tempat kita tidak berbeda jauh.

Baca Juga :  Cara Cek NPA / Kartu Anggota PGRI

Ayah saya sudah bersiap-siap Jumatan karena dia pikir sudah telat. Dia ingin melihat suasana salat Jumat di masjid tempat kami salat Magrib dan Isya, kemarin. Jadilah dia berangkat duluan, tinggal saya dan kakak satu lagi. Tak lama setelah dia pergi, kami pun menyusul dengan berjalan kaki. Soalnya, rute ke masjid sudah kami hafal. Nah, begitu kami tiba di masjid, jemaah sudah lama bubar.

Rupanya,Ayah pun tidak sempat menunaikan salat Jumat. Saat dia tiba, acara jumatan baru saja selesai.

a. Apa saja persiapan yang kalian lakukan sebelum salat Jumat?

  1. Mandi seperti mandi janabah, boleh dilakukan lebih awal misalnya pagi hari sebelum berangkat sekolah.
  2. Memakai pakaian yang terbaik. Pakaian ini tidak selalu yang harganya mahal.
  3. Mengenakan wangi-wangian.
  4. Menyegerakan diri berangkat ke masjid dan berjalan dengan tenang.
  5. Setibanya di masjid langsung menunaikan sholat sunah tahiyatul masjid dua rakaat, meskipun khatib sudah berkhutbah.

b. Bagaimana tata cara salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?

1. Bersuci dan berwudu

Bersuci dari hadas besar dan berwudu dari hadas kecil merupakan dua kewajiban yang harus dilakukan sebelum menunaikan sholat Jumat.

Anda wajib mandi besar terlebih dahulu, kemudian berwudu seperti biasanya. Pilih pakaian yang bersih dan wewangian non-alkohol saat pergi ke masjid.

Setelah keluar dari rumah jangan lupa memanjatkan doa berangkat ke masjid dan begitu sampai, dilanjut membaca doa masuk masjid sambil melangkah dengan kaki kanan.

2. Mendengarkan Khotbah dan Ikamah

Sholat Jumat disertai dengan khotbah dari khatib. Nantinya khatib naik ke atas mimbar saat waktu Zuhur. Lalu, mengucapkan salam dan duduk.

Setelah itu, muazin akan mengumandangkan azan sebagai tanda masuknya waktu Zuhur. Sementara khatib menyampaikan khutbah sampai selesai.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Temukan 10 Nama Rasul Dalam Kotak ini Secara Menurun dan Mendatar! Aktivitas Kelompok PAI Kelas 4 SD Halaman 126

Kemudian muadzin mulai mengumandangkan ikamah pertanda sholat Jumat akan segera dimulai. Imam memimpin sholat Jumat berjamaah dua rakaat.

3. Menunaikan Rangkaian Sholat Jumat

Selanjutnya tata cara sholat Jumat yang di mulai dengan membaca niat, khususnya bagi Anda sebagai makmum.

أُصَلِّي فَرْضَ الْجُمْعَةِ مَأْمُومًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli fardha jumu’ati ma’muman lillahi ta’ala

Artinya: “Saya sholat Jumat sebagai makmum karena Allah ta’ala.”

Takbiratul ihram sambil membaca surat Alfatihah dan surat pendek mengikuti imam.

  • Rukuk
  • Itidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Kembali berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua
  • Membaca surat Alfatihah dan surat pendek
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Tahiyat akhir
  • Salam

Untuk menyempurnakan ibadah sholat Jumat, Aku biasa melanjutkan membaca doa dan memperbanyak zikir kepada Allah SWT.

c. Menurut perkiraanmu, berapa banyak orang yang melakukan salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?

Jawaban:

Sekitar 50 an lebih

d. Pernahkan kalian mengikuti salat Jumat dengan cara yang berbeda? Ceritakan kapan, di mana dan bagaimana perbedaannya?

Jawaban:

tidak pernah

3. Untuk peserta didik perempuan, ceritakan pengalamanmu jika orang laki-laki melaksanakan salat Jumat! Apa yang kalian lakukan?

Jawaban:

Hukum sholat Jumat bagi wanita muslim adalah tidak wajib, sehingga aku biasanya cukup menunaikan ibadah sholat Dzhuhur sebanyak 4 rakaat di rumah.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 148 Kurikulum Merdeka bab 9 tentang Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.