Kunci Jawaban Temukan Contoh Bacaan Tajwid Pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13! SD Kelas 4 Pengayaan PAI Halaman 5 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban Temukan Contoh Bacaan Tajwid Pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13! SD Kelas 4 Pengayaan PAI Halaman 5 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitas Kelompok Temukan contoh bacaan tajwid pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13! dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 5 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Arab-Latin: Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Artinya:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Aktivitas Kelompok

Temukan contoh bacaan tajwid pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13!

Contoh Hukum Bacaan Tajwid

يٰٓاَيُّهَا = Hukumnya Mad jaiz munfasil, karena mad thabi’i bertemu hamzah di lain kalimat. Dibaca panjang 2 harakat sampai 5 harakat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban SD Kelas 4 Ayo Kerjakan PAI Halaman 168 Kurikulum Merdeka

النَّاسُ = Tedapat hukum bacaan al syamsiyah karena al ta’rif (ال) bertemu huruf ن dan hukum bacaan mad thabi’i karena fathah diikuti alif. Cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf nun (huruf syamsiyyah).

اِنَّا = hukum bacaan ghunnah karena ada nun yang bertasydid dan cara bacanya ditahan serta dengung. Serta hukum bacaan mad thabi’i karena fathah diikuti alif, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

خَلَقْنٰكُمْ = Terdapat hukum bacaan qalqalah sugra karena qalqalah matinya asli bukan disebabkan waqaf dan hukum bacaan mad thabi’i karena ada fathah berdiri.

كُمْ مِّنْ = Terdapat hukum bacaan idgham mitsli karena mim sukun bertemu huruf م. cara membacanya yaitu mim mati dimasukan ke huruf mim yang kedua serta ditahan dengan dengung.

مِنْ ذَكَرٍ = terdapat hukum bacaan ikhfa’ karena nun sukun bertemu huruf ذ. Cara membacanya ditahan serta dengung condong ke huruf “M”.

ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى = Terdapat hukum bacaan idgham bighunnah karena tanwin bertemu و, ikhfa’ karena nun sukun bertemu huruf ث, cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya di tahan serta dengung.

وَجَعَلْنٰكُمْ = Terdapat hukum bacaan mad thabi’i karena ada fathah berdiri. cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

كُمْ شُعُوْبًا = Terdapat hukum bacaan idzhar syafawi karena mim sukun bertemu huruf selain م dan ب, dalam hal ini berupa huruf ش. Cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.

شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ = Terdapat hukum bacaan idgham bighunnah karena tanwin bertemu huruf و dan hukum bacaan mad wajib muttasil karena mad thabi’i bertemu hamzah dalam satu kalimat. cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya ditahan serta dengung.

لِتَعَارَفُوْا = Terdapat hukum bacaan mad thabi’i karena fathah diikuti alif dan hukum bacaan mad thabi’i lagi karena dhummah diikuti wawu sukun. Cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat. اِنَّ = Terdapat hukum bacaan ghunnah karena ada nun yang bertasydid. Cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya ditahan serta dengung.

Baca Juga :  Tuliskan Bagaimana Tata Cara Salat Jumat! Kunci Jawaban SD Kelas 4 PAI Halaman 156 Kurikulum Merdeka

اَكْرَمَ = Terdapat hukum bacaan ra’ tafkhim (ra’ tebal) karena ra’ berharakat fathah.

كُمْ عِنْدَ = Terdapat hukum bacaan idzhar syafawi karena mim sukun bertemu huruf selain م dan ب dalam hal ini huruf ع dan hukum bacaan ikhfa’ karena nun sukun bertemu huruf dal.

عِنْدَ اللّٰه=Terdapat hukum bacaan lam tafkhim (lam tebal) karena lafadz jalalah (الله) didahului harakat farhah. cara membacanya lafadz allah dibaca tebal panjangnya 2 harakat.

اَتْقٰىكُمْ = Terdapat hukum bacaan mad thabi’i karena ada fathah berdiri. Cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

خَلَقْنٰكُمْ = Terdapat hukum bacaan qalqalah sugra karena qalqalah matinya asli bukan disebabkan waqaf dan hukum bacaan mad thabi’i karena ada fathah berdiri.

كُمْ مِّنْ = Terdapat hukum bacaan idgham mitsli karena mim sukun bertemu huruf م. cara membacanya yaitu mim mati dimasukan ke huruf mim yang kedua serta ditahan dengan dengung.

اِنَّ اللّٰهَ = Terdapat hukum bacaan ghunnah karena ada nun yang bertasydid dan hukum bacaan lam tafkhim (lam tebal) karena lafadz jalalah (الله) didahului harakat fathah.

عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ = Terdapat hukum bacaan mad thabi’i karena kasrah diikuti ya’ sukun dan hukum bacaan izhar karena tanwin bertemu huruf خ

خَبِيْرٌ ← خَبِيْرْ = Terdapat hukum bacaan mad arid lissukun karena mad thabii bertemu huruf hidup dan dibaca waqaf dan hukum bacaan lam tarqiq (ra tipis) karena ra hidup didahului ya’ sukun dibaca waqaf. Cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harakat.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 5 Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga :  Caadara

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.