Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih memikirkan jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu. Dayu terus berpikir sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang sifat-sifat cahaya melalui percobaan berikut.

Ayo Mencoba!

Sifat-Sifat Cahaya

1.       Cahaya merambat lurus

Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

2.       Cahaya menembus benda bening

Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

3.       Cahaya dapat dipantulkan

Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

4.       Cahaya dapat dibiaskan

Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

 

sifat cahaya
sifat cahaya

 

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

  Percobaan 1 Percobaan 2 Percobaan 3 Percobaan 4
Nama percobaan Cahaya merambat lurus Cahaya menembus benda bening Cahaya dapat dipantulkan Cahaya dapat dibiaskan
Tujuan percobaan Mengetahui cahaya dapat merambat lurus Mengetahui cahaya dapat menembus benda bening Mengehatuhi cahaya dapat dipantulkan Mengetahui cahaya dapat dibiaskan
Alat dan bahan Tiga buah karton, lilin, korek api, isolasi Cermin datar, lampu senter Cermin datar lampu senter Gelas berisi air, pensil
Langkah kerja 1. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut.

2. Letakkan dengan posisi lubang sejajar dengan cahaya lilin tepat dibelakang lubang.

3. Lalu coba geser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.

1.   Percobaan menggunakan cahaya matahari/cahaya dari senter, gelas/benda bening, benda berwarna gelap, dan benda bening tetapi berwarna.

2.   Letakkan peralatan seperti pada gambar.

3.   Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih.

1.   Pantulkan cahaya senter menggunakan cermin.

2.   Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin.

1.    Letakkan setengah bagian pensil didalam gelas yang berisi air.

2.    Amati pensil dari sisi samping luar gelas

Hasil pengamatan Cahaya lilin dari depan rangkaian karton yang sudah diberi lubang sejajar cahaya dapat merambat lurus Cahaya senter yang melewati benda bening dapat terkihat sedangkan pada benda yang berwarna/tidak bening tidak bisa ditembus cahaya Cahaya senter yang diarahkan ke cermindatar dapat memantul Pensil yang dimasukkan ke dalam air akan kelihatan bengkok

 

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar