Lengkap! Struktur dan Fungsi Organ reproduksi pada Laki-laki

gurune.net – Lengkap! Struktur dan Fungsi Organ reproduksi pada Laki-laki. Halo sobat guru! Pada BAB 1 pelajaran ilmu pengetahuan alam SMP kelas 9, kalian akan banyak belajar tentang organ reproduksi baik pada laki-laki maupun pada perempuan.

Kali ini gurune akan membahas Struktur dan Fungsi Organ reproduksi pada Laki-laki. Gambar yang akan kita bahas bisa sobat guru temukan pada buku IPA kelas 9 halaman 8.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah lebih baik jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Organ Reproduksi pada manusia

Sistem reproduksi atau sistem genital adalah sistem organ seks dalam organisme yang bekerja sama untuk tujuan reproduksi seksual. Organ ini berperan penting pada makhluk hidup agar bisa berkembang biak.

Pada manusia, Laki-laki dan perempuan memunyai sistem dan organ reproduksi yang berbeda baik dari struktur maupun fungsinya.

Organ reproduksi pada laki-laki

Alat reproduksi atau alat kelamin laki-laki dapat dibedakan menjadi alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam.

Alat reproduksi luar merupakan alat reproduksi yang terletak pada bagian luar tubuh dan dapat diamati secara langsung.

Sedangkan alat reproduksi dalam merupakan alat reproduksi yang terletak pada bagian dalam tubuh dan tidak dapat diamati secara langsung. Alat reproduksi dalam antara lain terdiri atas testis, saluran sperma, uretra, dan kelenjar reproduksi.

Untuk lebih jelasnya bisa sobat guru lihat pada gambar berikut. Gambar ini sekaligus memuat jawaban pada buku IPA kelas 9 halaman 8

organ reproduksi laki-laki IPA kelas 9

Fungsi organ reproduksi

Masing-masing organ reproduksi mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut gurune bagikan fungsi organ reproduksi pada laki-laki yang bersumber dari buku IPA kelas 9 kurikulum 2013

Baca Juga :  Larutan Penyangga Buffer - Pengertian, Jenis, dan Prinsip Kerjanya

fungsi organ reproduksi laki-laki

Penutup

Nah sobat guru, demikian pembahasan mengenai struktur dan fungsi organ reproduksi pada laki-laki. Semoga Bermanfaat dan Tetap Semangat!

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

 

Pencarian Populer : struktur dan fungsi organ organ penyusun sistem reproduksi pada laki laki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.