Macam-macam Kelainan pada Organ Gerak Pasif (Tulang)

Fraktura/Patah Tulang  Kelainan pada tulang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh. Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek  kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/ menembus kulit/otot).    Osteoporosis  Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium  secara normal.   Fisura/Retak  Tulang Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan.  Lordosis  Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung pada daerah lumbalis. Hal ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang.  Skoliosis  Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah sampng. Hal ini akan menyebabkan badan akan bengkok membentuk huruf “S”.  Kifosis  Kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang.

Fraktura/Patah Tulang 

Kelainan pada tulang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh. Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek  kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/ menembus kulit/otot).

Osteoporosis 

Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium  secara normal.

Fisura/Retak 

Tulang Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan.

Lordosis 

lordosis

Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung pada daerah lumbalis. Hal ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang.

Skoliosis 

skoliosis


Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah sampng. Hal ini akan menyebabkan badan akan bengkok membentuk huruf “S”.

Kifosis 

kifosis


Kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar