Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur Pagi Hari -Tahukah sobat gurune bahwaMmanfaat Berjemur di Pagi Hari dapat mencegah infeksi Covid-19 yang saat ini sedang menyerang seluruh dunia, termasuk Indonesia?

Banyak pemangku kepentingan, terutama tenaga kesehatan, menghimbau masyarakat untuk berjemur di pagi hari agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat melawan serangan virus dan bakteri, khususnya virus Covid-19.

Masih banyak manfaat lain dari aktivitas berjemur pagi di sob… Jadi, jam berapa sebaiknya melakukan aktivitas berjemur ini?

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

1. Mencegah Depresi

Sobat gurune tahu bahwa aktivitas sederhana berupa berjemur di pagi hari dapat mencegah dan menghidarkan kita dari depresi kita. Depresi bisa terjadi karena penurunan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Jadi, jika kita tidak terkena sinar matahari, jumlah hormon serotonin yang terkandung di dalamnya juga akan berkurang, sehingga memudahkan kita untuk menjadi depresi.

Jika sobat gurune sering bekerja di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur, cobalah menjadikan aktivitas berjemur pagi ini sebagai rutinitas. Melalui aktivitas berjemur pagi ini, otak dapat memproduksi banyak hormon serotonin yang dapat mengubah mood menjadi lebih baik. 

2. Meningkatkan Produktivitas Vitamin D

Keadaan vitamin D sangat berguna bagi tubuh, khususnya untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus sehingga tulang, gigi, dan otot kita bisa lebih kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat mencegah berbagai penyakit yang diketahui, seperti osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, sampai multiple sclerosis.

Baca Juga :  6 Manfaat Kacang Almond yang Menakjuban

Jadi apa hubungannya sinar matahari dengan vitamin D?

Jawabannya adalah pancaran sinar matahari pagi dapat merangsang produksi vitamin D pada tubuh. 

3. Membuat Tidur Lebih Tenang

Paparan sinar matahari sebenarnya bisa merangsang produksi hormon melatonin di otak dan tubuh sehingga tahu kapan waktunya tidur sehingga otak kita secara tidak langsung mulai merasa mengantuk di malam hari.

Hormon melatonin bertindak untuk mengatur siklus tidur manusia. Jika sobat gurune sering mengalami gangguan tidur, bisa jadi karena kadar melatonin yang rendah dalam tubuh. 

4. Mengatasi Timbulnya Penyakit Kulit

Ada beberapa jenis penyakit kulit, mulai dari jerawat, eksim (reaksi alergi), penyakit kuning, psoriasis. Psoriasis kulit khususnya biasanya disebabkan oleh serangan autoimun tubuh terhadap sel-sel kulit yang sehat.

Nah, panas dari sinar UV matahari ternyata bisa dijadikan terapi untuk menyembuhkan kondisi kulit tersebut! 

Namun, tidak semua orang dengan kondisi kulit dapat melakukan terapi radiasi ini, sehingga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit 

5. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker

Jika kita terkena sinar matahari dalam jumlah berlebihan, secara alami akan menyebabkan kanker kulit. Namun, jika kita mendapatkan paparan sinar matahari dalam jumlah yang tepat, itu bisa mencegah lebih banyak kanker, lho.

Ada beberapa jenis kanker, mulai dari kanker usus besar, kanker prostat, kanker pankreas, hingga limfoma.Kekurangan vitamin D dikatakan meningkatkan risiko kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan menganjurkan berjemur di pagi hari untuk menurunkan risiko kanker ke tingkat yang lebih rendah.

Menurut para ahli kesehatan, produktivitas vitamin D telah terbukti mengurangi risiko berkembangnya semua jenis kanker hingga 60%. 

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan sinar matahari bisa meningkatkan sistem imun lho…

Baca Juga :  10 Rahasia Tersembunyi Teh Hijau

Bagaimana kamu melakukannya?

Saat kita terkena sinar matahari, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak sel darah putih. Sel darah putih ini dapat berfungsi sebagai sistem pelindung tubuh. Selain itu, sel darah putih juga mampu melawan berbagai penyebab infeksi yang menyerang tubuh. Nah, ini juga yang rutin direkomendasikan para ahli kesehatan bagi penderita Covid-19 untuk mendapatkan sinar matahari pagi secara teratur. Paparan sinar matahari yang cukup dapat mencegah virus bertahan hidup di dalam tubuh kita, tak terkecuali virus Covid-19. 

7. Mengurangi Resiko Penyakit Kuning Pada Bayi

Menurut jurnal penelitian berjudul “Babies need to dry in the morning”, ia mengungkapkan bahwa paparan sinar matahari dapat membantu mengurangi risiko penyakit kuning pada bayi. 

Penyakit kuning (jaundice neonatorum) adalah gejala yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir dengan munculnya warna kuning pada kulit.

Peristiwa ini disebabkan adanya penambahan bilirubin dalam serum bayi. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak antara usia 72 dan 120 jam dan biasanya kembali normal setelah 7-10 hari. 

8. Menurunkan Kolesterol dan Osteoporosis pada Orang tua

Mirip dengan manfaat sebelumnya, manfaat ini dibangun di atas jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Paparan Ultraviolet Sinar Matahari Terhadap Kepadatan Massa Tulang dan Kadar Kolesterol Pada Lansia”, yang mengungkapkan bahwa paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk mengambil vitamin D untuk diproduksi. 

Sinar ultraviolet dapat mengubah timbunan kolesterol dalam tubuh lansia menjadi vitamin D. Ketika sinar ultraviolet mengenai kulit, cahaya di kulit disaring dengan jumlah kolesterol yang disimpan dalam tubuh. 

Sedangkan osteoporosis adalah penyakit yang membuat tulang manusia keropos dan rapuh. Memahami risiko penyakit ini masih rendah dan dapat dilakukan dengan cara sederhana, seperti diet kaya kalsium dan protein serta penambahan kadar vitamin D yang cukup. 

Baca Juga :  Unifah Rosyidi, M.Pd kembali terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar ( PB ) PGRI untuk masa jabatan 2019 - 2024

Bagaimana kita mendapatkan kadar vitamin D yang cukup untuk tubuh? 

Artinya, berjemur di pagi hari, karena paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh.

Demikianlah beberapa Manfaat Berjemur di Pagi Hari, semoga bermanfaat bagi sobat gurune dan kita semua selalu diberikan kesehatan agar terhindar dari segala penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.