Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah – Halo sob, Beras merah diketahui bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Banyak pasien penderita diabetes beralih makan nasi merah dari pada nasi putih. Namun, manfaat beras merah tidak hanya itu.

Beras merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.  Beras merah juga mengandung banyak bahan bagus lainnya. Ini termasuk antioksidan flavonoid, seperti myricetin, anthocyanin (anthocyanin), apigenin dan quercetin. Antosianin merupakan kelompok senyawa fenolik yang menghasilkan warna ungu dan merah seperti bawang merah, kubis dan lain-lain. Kali ini gurune akan berbagi informasi tentang manfaat lain yang tersembunyi pada beras merah.

Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

1. Mengatasi Diabetes

Khasiat beras merah yang pertama ini menjadi pengetahuan masyarakat. Beras merah mampu membantu mengobati diabetes. Pada umumnya penderita diabetes akan mengganti nasinya dengan nasi merah.

Selain diabetes, beras merah juga banyak dikonsumsi oleh mereka yang hiperglikemik. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada beras merah tidak setinggi beras biasa. Inilah alasan utama mengapa penderita diabetes mengkonsumsinya.

Indeks glikemik pada beras merah tergolong rendah. Ini akan membantu seseorang untuk mengurangi puncak insulin. Selain itu, beras merah juga akan membantu dalam proses menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Ada sebuah penelitian tentang ini. Penelitian ini dilakukan dan dipublikasikan di International Journal of Food Sciences and Nutrition. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa beras merah adalah makanan yang kaya akan asam fitat dan serat.

Baca Juga :  Kumpulan Quote Bucin Lucu, Receh dan Aneh

Tak hanya itu, beras merah juga banyak mengandung polifenol esensial. Beras merah sangat bermanfaat karena berperan dalam karbohidrat kompleks yang dikandungnya. Karbohidrat kompleks ini mendorong pelepasan gula, yang juga lebih lambat dari nasi putih.

The American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes untuk beralih ke beras merah. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada beras merah lebih padat dibandingkan dengan beras putih. Beras merah akan memenuhi serat esensial, vitamin dan mineral.

2. Mampu Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Kasiat dari beras merah juga dapat meningkatkan fungsi sistem saraf. Dengan mengkonsumsi beras merah dapat mempercepat metabolisme di otak. Hal ini disebabkan adanya vitamin B dan mineral penting dalam beras merah, seperti magnesium dan mangan.

Mineral esensial akan menyeimbangkan kembali aktivitas kalsium dalam tubuh. Ini juga akan membantu mengatur saraf dan otot. Beras merah akan mencegah lonjakan kalsium secara tiba-tiba.

Peningkatan tiba-tiba dapat terjadi pada sel saraf dan aktivitas saraf. Beras merah akan membantu Sarah dan otot-ototnya tetap rileks. Ini akan mencegah kontraksi yang berlebihan.

Di sisi lain, beras merah juga mengandung vitamin E. Vitamin E ini berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit otak. Beras merah akan mencegah penyakit otak yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif.

3. Mencegah Obesitas

Tidak hanya baik untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaat beras merah juga dapat mencegah seseorang menjadi gemuk. Beras merah akan melawan obesitas dengan mengontrol berat badan.

Di dalam beras merah, ada kandungan yang menangkal obesitas. Beras merah mengandung mangan, yang membantu mensintesis lemak dalam tubuh. Ini akan menghindari obesitas pada tubuh.

Ada sebuah penelitian yang membahas masalah ini. Peneletian tersebut menjelaskan bahwa biji-bijian memiliki efek positif pada tubuh. Biji-bijian ini sama seperti beras hitam dan beras merah.

Baca Juga :  Wow! Kartu Bintang 4 Terkuat Yugioh dengan Efek yang Menarik

Beras merah akan menurunkan indeks massa dalam tubuh dan lemak. Selain itu, beras merah juga dapat meningkatkan aktivitas enzim glutation peroksidase dan antioksidan. Kedua aktivitas tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL pada orang gemuk.

4. Mengurangi Tingkat Stres di Waktu Menyusui

Seorang ibu menyusui tidak boleh stres. Itu akan mempengaruhi hal-hal lain dan juga akan memengaruhi produksi ASI, merusak pola makan, membuat bayi stres, memengaruhi berat badan bayi dan membuat bayi tedak tenang.

Karena itu, ibu menyusui harus menjaga suasana hati yang baik. Salah satu cara untuk mengurangi stres pada ibu menyusui adalah dengan makan nasi merah. Manfaat beras merah dapat menurunkan tingkat stres pada ibu menyusui.

Menurut sebuah studi penelitian di European Journal of Nutrition, manfaat beras merah sudang terbukti. Diketahui ibu yang stres saat menyusui mengalami gangguan mood, kelelahan bahkan depresi. Dalam penelitian tersebut, beras merah mungkin menunjukkan hasil positif pada ibu menyusui.

Tak hanya itu, mengonsumsi beras merah saat menyusui akan membuat tubuh Anda lebih baik dalam melawan stres. Beras merah juga akan meningkatkan pertahanan tubuh secara keseluruhan. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat menyusui.

5. Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat beras merah juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Banyak orang menggunakan beras merah untuk menjaga kadar kolesterol mereka tetap sehat. Ini karena minyak alami dalam beras merah.

Ada penelitian yang melihat manfaat beras merah. Beras merah memiliki kualitas hiperkolesterolemia. Hal inilah yang membuat beras merah mampu mengatur katabolisme kolesterol.

Selain itu, ada kandungan lain dalam beras merah yang baik untuk tubuh. Beras merah merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Oleh karena itu beras merah berguna dalam membantu metabolisme glukosa dan lemak.

Baca Juga :  Peran serta PGRI dalam membangun pendidikan di Indonesia

6. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selanjutnya manfaat dari beras merah adalah mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung. Di dalam beras merah terdapat kandungan yang baik untuk jantung. Selenium adalah kandungan yang terdapat pada beras merah.

Selenium merupakan kandungan yang baik untuk kesehatan jantung. Hal inilah yang membuat beras merah mampu menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, beras merah merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung atau untuk mencegahnya.

Makan biji-bijian dapat membantu mengurangi penyumbatan arteri. Beras merah dapat membantu mengurangi plak di arteri jantung. Risiko gangguan jantung akan berkurang.

Salah satu penyakit yang sering menyerang jantung adalah penyakit pembuluh darah dan hipertensi. Kedua penyakit ini cukup umum di masyarakat. Penyebabnya juga berbeda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butiran beras merah memiliki komponen. Kandungan komponen ini akan bekerja melawan protein endokrin angiotensin II. Protein ini memainkan peran penting dalam perkembangan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis.

7.Mampu Mengontrol Nafsu Makan

Salah satu kandungan dalam beras merah adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Karena itu, nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Manfaat beras merah dapat digunakan untuk mengontrol nafsu makan. Beras merah adalah pilihan makanan yang tepat untuk dicerna selama proses penurunan berat badan. Makan nasi merah setara dengan makan kurang dari 320 kalori sehari

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi sobat gurune.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.