Materi Tempo Injit Injit Semut

gurune.net – Berjumpa lagi dengan bu guru di gurune.net anak – anaku semua. Sebelumnya kita sudah mempelajari materi Mengenal Karya Seni Tiga Dimensi. Kali ini kita akan bahas materi Tempo Lagu Injit – Injit Semut. Selamat belajar anak-anaku semua di seleuruh Indonesia. Khususnya kelas 4 SD.

Lagu Injit – Injit Semut

Nyanyikan lagu ”Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu
menyanyikan lagu tersebut dengan benar.

Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada.

Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada berikut secara berulang tanpa mengandalkaotot-otot leher dan berteriak.

Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat.

 

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan.

Sebagai contoh lagu ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo andante 72-76 MM, artinya lagu harus dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 termasuk tempo sedang.

Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

a.     tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;

b.     tempo sedang, contoh andante = seperti orang
berjalan (72-76 MM);

c.    tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan
riang (132-138 MM)

Ayo Berlatih

1.     Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.

Ada nada rendah, sedang dan tinggi. Pada nada rendah terdapat tanda titik dibawah setiap notasi angka dan tanda titik diatas setiap angka menunjukan bahwa notasi tersebut tinggi

2.    Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!

Simak penjelasan gurumu yanak..

3.       Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!

Senang karena dapat bernyanyi besama dengan teman-teman

4.       Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!

Tempo = 90, tinggi randah nada 4/4 agak cepat

5.       Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Lagu daerah Jawa Tengah salah satunya adalah Gundul-Gundul Pacul.

syair lagu gundul - gundul pacul

Jadi, Gundul gundul Pacul-cul artinya orang yang keempat inderanya (mata, hidung, telinga, dan mulut) tidak digunakan dengan baik akan mengakibatkan Gembelengan atau sombong. Sedangkan Nyunggi nyunggi wakul-kul artinya siapa yang menjunjung amanah rakyatnya dengan Gembelengan (sombong hati) maka akhirnya akan Wakul Ngglimpang atau amanahnya akan jatuh dan tidak bisa dipertahankan sehingga Segane dadi sak latar, kepemimpinannya itu berantakan sia-sia, tidak bisa bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Penutup

Demikian Materi Tempo Injit Injit Semut, tetap di gurune.net ya nak, berikutnya kita akan bahas  materi Kisah Putri Tangguk.

Leave a Comment