Membuat Database di Excel Menggunakan Form

Membuat Database di Excel Menggunakan Form – Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Maka tak heran jika Excel seringkali digunakan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini sangat lengkap dan sangat penting dalam proses pengolahan data perusahaan.

Selain itu, Excel juga memiliki formula yang memudahkan kita melakukan sebuah perhitungan dalam pengolahan data tersebut. Aplikasi ini juga sangat penting dalam pembuatan grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Aplikasi Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor. Bahkan Excel merupakan aplikasi yang populer yang banyak digunakan untuk kebutuhan olahan data atau manajemen data.

Dalam menginput suatu data ada beberapa cara dalam pengoprasiannya, beberapa orang ada yang lebih nyaman memasukkan data kedalam tabel dengan metode manual, tetapi ada juga yang suka memasukkannya dengan metode input Form.

Memasukkan database menggunakan fitur Form ini dapat membantu kamu jadi hemat waktu, sehingga tidak perlu lagi memasukkan data secara horizontal, cukup dengan mengisikan kotak formulir maka semua data akan terisi dalam satu kali kerja saja.

Sebelum kita masuk ke tutorial cara membuat database di Excel menggunakan fitur Form, pastikan terlebih dahulu kamu telah menyiapkan data yang akurat untuk kemudian diolah didalam lembar kerja sesuai perintah.

Baca Juga :  Merubah Ukuran Font di MS Word

Cara Membuat Database di Excel Menggunakan Form

Sebelum kita masuk ke tutorial cara membuat database di Excel menggunakan fitur Form, pastikan terlebih dahulu kamu telah menyiapkan data yang akurat untuk kemudian diolah didalam lembar kerja sesuai perintah.

Langkah 1. Jalankan Microsoft Excel

Buka Office Excel, siapkan data yang akan kamu buat.

Langkah 2. Buat Format Tabel

Silahkan Set Header Tabel

Buat formasi tabel sesuai dengan input data yang kamu pegang. Cara membuat tabel ini bisa dengan mengisi heading dulu di tiap cells, jika sudah blok heading atau judul tersebut kemudian masuk ke menu “Insert  TableJika muncul dialog dibawah ini tinggal tekan “Ok“.

Langkah 3. Ubah Design Tabel

Ubah Desain Tabel

Jika kamu ingin mengubah tampilannya jadi lebih bervariasi bisa ubah formatnya di menu “Design“, silahkan atur warna dan style tabel sesuai selera.

Langkah 4. Tambahkan Menu Form Excel

Tambahkan Menu Form Excel

Klik Form dan Pilih Add

Membuat Database di Excel

Karena fitur ini masih tersembunyi, silahkan klik “Customize Quick Acces Toolbar” seperti yang kita lingkari dibawah ini, lalu kemudian tekan “More Command.

Ubah menjadi “Commands not in the Ribbon  scroll sampai ketemu “Form  Add  OK.

Langkah 5. Buat Form Excel

Klik Ikon Form

Tambahkan Data Baru untuk Database Excel

Membuat Database di Excel

Tambahkan Data Sampai Selesai

Membuat Database di Excel

Disana akan muncul tampilan seperti formulir, sistem juga telah mendeteksi secara otomatis dari heading yang dibuat tadi. Tinggal masukan data sesuai kotaknya, dan tekan tombol “New” untuk baris berikutnya.

Baca Juga :  Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya

Jadi bagaimana cara diatas lebih mudah bukan ketimbang kamu harus menggunakan atau mengisi data secara manual. Cukup sekali kerja saja maka database yang akan dimasukkan sudah tertata dengan rapi. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.