Mengapa Rasulullah SAW Membangun Masjid Ketika Sampai ke Madinah? Kunci Jawaban SD Kelas 4 PAI Halaman 173 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Mengapa Rasulullah SAW Membangun Masjid Ketika Sampai ke Madinah? Kunci Jawaban SD Kelas 4 PAI Halaman 173 Kurikulum Merdeka.

Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitas Kelompok pertanyaan Mengapa Rasulullah SAW Membangun Masjid Ketika Sampai ke Madinah? dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 173 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 10 Kisah Nabi Muhammad Saw Membangun Kota Madinah. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Mengapa Rasulullah saw membangun masjid ketika sampai ke Madinah?

Jawab:

Rasulullah saw. membangun Masjid di Madinah karena itu adalah salah satu langkah penting dalam membangun masyarakat Islam yang terorganisir dan stabil di kota tersebut. Saat Rasulullah saw. tiba di Madinah pada tahun 622 M, penduduk kota yang terdiri dari kaum Muslimin dan kaum Yahudi yang saling berselisih dan terpecah-belah.

Pembangunan Masjid Nabawi di Madinah menjadi tempat berkumpulnya umat Islam untuk shalat berjamaah, mengadakan pertemuan, dan berdiskusi tentang berbagai isu penting dalam kehidupan mereka. Masjid juga digunakan untuk mengajar agama Islam dan membangun solidaritas dan persatuan di antara kaum Muslimin.

Dalam sejarah awal Islam, masjid menjadi pusat kegiatan sosial, politik, dan keagamaan. Selain itu, pembangunan Masjid Nabawi juga menjadi bukti keseriusan dan komitmen Nabi Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Islam yang berkualitas dan beradab. Seiring dengan pembangunan masjid, Rasulullah saw. juga membangun persaudaraan dan kemitraan dengan suku-suku dan kelompok-kelompok di Madinah, sehingga menciptakan fondasi yang kuat untuk pembangunan masyarakat Islam yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136

Karena itu, pembangunan Masjid Nabawi di Madinah memiliki peran penting dalam sejarah Islam dan merupakan salah satu tindakan yang strategis dan cerdas dari Rasulullah saw. dalam membangun masyarakat Islam yang stabil dan beradab di kota tersebut.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.