Menghitung pH larutan asam basa Materi Kimia Kelas 11

gurune.net – Menghitung pH larutan asam basa Materi Kimia Kelas 11. Sobat guru, pada materi kimia kelas 11 kita mempelajari bab asam basa. Kali ini gurune akan membahas tentang cara menghitung derajat keasaman (pH) pada larutan asam basa.  pH larutan ditentukan oleh besarnya konsentrasi ion H+ yang terdapat pada larutan. Sehingga untuk mengetahui besar pH sebuah larutan, kita harus terlebih dahulu menentukan konsentrai H. Bagaimana hubungan harga pH dengan konsentrasi ion Hini? Bagaimana cara menghirung pH larutan asam basa? Simak Pembahasan berikut

Jika kita melarutkan asam atau basa yang ke dalam air , maka akan mengubah konsentrasi H+ dan OH dari air. Konsentrasi H+ dan OH pada awalnya adalah sama / netral . Sesuai dengan harga Kw = 10-14 M maka [H+] = [OH] = 10-7 .

Penambahan asam akan meningkatkan konsentrasi H+ dan penambahan basa akan meningkatkan konsentrasi OH . Sehingga dalam larutan asam akan lebih banyak konsentrasi H+  dan dalam larutan basa akan lebih banyak konsentrasi OHnya.

Ion  (H+) dan  (OH) dalam air biasanya sangat kecil sehingga untuk kemudahan penulisan  digunakan besaran lain. Untuk menghindari penggunaan angka yang sangat kecil, Sorensen (1868 – 1939) mengusulkan konsep pH, agar memudahkan kimiawan dalam mengukur konsentrasi ion H+ dan perubahannya dalam suatu larutan

Derajat Keasaaman (pH)

Lambang pH diambil dari bahasa Perancis ‘pouvoir hydrogene’, artinya tenaga hidrogen menuju eksponensial. Misalnya, air murni pada 25oC memiliki konsentrasi [H+] = 1 × 10–7 maka pH air pada suhu itu adalah 7. Besaran pH digunakan untuk menunjukkan tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan.

Baca Juga :  Teori dan Apresiasi Sastra Indonesia

Menurut Sorensen, pH merupakan fungsi logaritma negatif dari konsentrasi ion H+ dalam suatu larutan

pH = – log [H+]

dengan menggunakan analogi yang sama, maka kita dapat menentukan harga konsentrasi ion OH dalam larutan

pOH = – log [OH]

Oleh karena pada suhu 25oC harga Kw = 10–14  ,maka dapat disimpulkan pula bahwa:

pH + pOH = 14

Sehingga untuk menentukan nilai pH kita perlu mengetahui konsentrasi H+ dan OH

Cara Menghitung pH asam kuat

Contoh soal :

Cara Menghitung pH asam lemah

Contoh soal :

Cara Menghitung pH basa kuat

contoh soal :

Cara Menghitung pH basa lemah

contoh soal :

Penutup

Demikian cara menghitung pH larutan asam basa. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : ph kimia kelas 11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.