Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama – Laptop adalah perangkat portable yang membuat kamu bisa mengoperasikan komputer kapan saja dan di mana saja untuk mengerjakan banyak aktivitas, mulai dari menyelesaikan tugas sekolah/kuliah, hingga bermain game.

Namun penggunaan laptop dibatasi oleh daya baterainya, terlebih lagi jika kamu sulit mendapatkan colokan untuk mengecasnya.

Kendala tersebut bisa diperparah jika kondisi kesehatan baterai laptopmu sudah tidak optimal akibat cara penggunaan dan perawatan yang salah.

Sebenarnya, laptop kekinian sudah dilengkapi dengan teknologi dan software untuk menghemat baterai agar kamu bisa menggunakannya lebih lama tanpa terus-menerus mencolok adaptor charger. Tapi itu bukan berarti kamu bebas menggunakannya dalam jangka lama karena sewaktu-waktu bisa kehabisan daya.

Lalu untuk menunjang segala aktivitasmu di laptop, terlebih lagi agar usia baterai laptop kamu lebih panjang, berikut adalah beberapa tips dan cara merawat baterai agar awet:

1. Redupkan Kecerahan Layar

Tips yang pertama yang patut anda perhatikan pertama kali, yaitu layar. Pasalnya, layar salah satu bagian laptop yang paling haus daya atau memakan daya yang cukup besar. Menghemat daya ini hanyalah masalah menurunkan kecerahan.

Tombol kecerahan layar biasanya terletak sebagai fungsi kedua dari salah satu tombol F, dan diwakili oleh simbol matahari kecil dengan ikon atas dan bawah. Untuk menggunakannya, cukup tahan tombol fungsi yang benar lalu pilih naik atau turun.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan Di Google Chrome

2. Ubah Pengaturan Daya

Windows 10 hadir dengan beberapa fitur daya yang memukau, tentunya sangat memungkinkan Anda dalam meningkatkan kinerja terbaik saat laptop Anda terhubung pada aliran listrik. Hal ini dapat mengoptimalkan masa pakai baterai saat bepergian.

Coba ketik ‘opsi daya’ ke dalam kotak Mulai Pencarian dan pilih ‘Penghemat daya’ dari daftar. Windows 10 juga memiliki lebih banyak metode untuk menghemat masa pakai baterai. Ini termasuk pengaturan untuk mematikan monitor dan beralih ke mode tidur lebih cepat.

3. Matikan Wi-Fi

Fitur lain yang memakan daya baterai terbesar, yaitu kemampuan jaringan nirkabel yang ada di sebagian besar laptop. Penggunaan Wi-Fi dapat menguras baterai dengan terus-menerus menarik daya dari baterai bahkan saat tidak tersambung, ketika mencari jaringan.

Ada baiknya Anda coba untuk mematikan perangkat ini bila tidak sedang digunakan. Banyak laptop memiliki tombol fungsi yang memungkinkan Anda mematikan adaptor nirkabel secara manual untuk menghemat pemborosan yang tidak perlu, tetapi untuk beberapa laptop versi lama tidak memiliki fasilitas tersebut.

Meski demikian, Anda dapat membuka Pusat Pemberitahuan dengan mengeklik ikon balon bicara di ujung kanan bilah tugas, dan klik ‘Wi-Fi’ untuk mematikannya

Semua barang elektronik tentu saja memiliki kapasitas berbeda, dan jika kamu ingin merawat baterai laptop agar awet, maka perlu memperhatikan waktu pemakaiannya.

Misalnya dengan tidak memforsir laptop untuk pemakaian terlalu lama. Salah satu cara menjaga agar baterai laptop awet yaitu dengan istirahat untuk beberapa saat dan kemudian bisa menggunakan laptop kembali.

4. Hindari overheat dan suhu pada laptop

Menggunakan laptop secara intense, misalnya saat menonton film ataupun bermain game akan membuat suhu pada laptop meningkat, terlebih lagi jika tidak didukung kipas laptop yang memdai, akan membuat laptop overheat (kepanasan).

Suhu laptop yang panas akan meningkatkan penggunaan daya baterai laptop. Maka dari itu, pastikan kamu menjaga suhu laptop tetap stabil dan gunakan kipas laptop agar baterai lebih awet.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Jumlah Core Processor

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan lingkungan saat menggunakan laptop apakah suhunya terlalu panas atau terlalu dingin, karena hal itu bisa membuat laptop bekerja lebih keras dan menguras daya baterai hingga kemampuan menyimpan daya pun semakin berkurang.

Sebagai contoh, baterai jenis lithium-ion harus berada di lingkungan dengan suhu antara 10 hingga 35 derajat Celcius. Jika di atas itu, maka kapasitas penyimpanan daya akan semakin berkurang.

5. Jangan biarkan laptop mati total

Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0 Persen Terus » Blog elevenia

Terlalu fokus bekerja, nonton film atau bermain game seringkali membuat orang lupa mengecas laptop hingga akhirnya mati total. Perlu diingat bahwa kebiasaan seperti itu akan membuat kualitas baterai laptop menurun dan berakibat fatal.

Hal itu karena laptop yang tiba-tiba mati kehabisan daya membuat komponen pada baterai menjadi cepat rusak. Jadi, jika ingin merawat baterai laptop agar awet, pastikan kamu mengisi daya sebelum di bawah 20%.

6. Cabut baterai charger jika sudah 100%

Tips agar baterai laptop awet yang berikutnya adalah jangan membiarkan laptop di charge terlalu lama karena arus listrik akan terus mengaliri baterai. Akibatnya, komponen pada baterai laptop menjadi cepat rusak.

7. Matikan laptop saat di charge

Mematikan laptop saat di charge tentu saja membuat baterai lebih cepat penuh. Selain itu, dengan tidak menggunakan laptop saat di chager juga membantu baterai laptop tetap awet karena terhindar dari aktivitas berat.

8. Gunakan charger asli

Perlu diperhatikan juga agar baterai laptop awet adalah menggunakan charger asli atau bawaan dari laptop itu sendiri. Memang menggunakan charger KW membuat kamu lebih hemat uang, namun akibatnya arus listrik ke laptop menjadi tidak stabil dan baterai akan cepat rusak.

Baca Juga :  Laptop Selalu Masuk BIOS Ketika Dinyalakan

Jadi agar baterai laptop lebih awet adalah kamu perlu menggunakan charger asli.

9. Update software secara berkala

tips merawat baterai laptop

Siapa sangka melakukan update software secara berkala merupakan salah satu tips agar baterai laptop awet. Hal itu karena update berkala akan memperbaiki bugs, mengoptimasi penggunaan resource sebuah program, dan secara tidak lansung turut memperpanjang umur baterai laptop kamu.

Selalu lakukan update Windows dan aplikasi yang ada di laptop kamu untuk memaksimalkan penggunaan baterai laptop.

10. Aktifkan mode ‘Power Saver’

Banyak generasi laptop saat ini yang bisa mengatur mode ‘balance’. Hal itu dimaksudkan untuk menghemat daya ketika keadaan kritis atau memperpanjang masa pakai laptop.

Caranya adalah melalui control panel atau klik

ikon baterai yang terdapat pada taskbar di pojok kanan bawah layar, lalu pilih mode ‘Power Saver’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.