Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia

Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia

Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia – Halo sob, selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan , jagung juga sangat enak ketika di jadikan sebagai camilan. Banyak olahan makanan tradisional juga berbahan dasar dari jagung. Rasanya yang manis dan asin bisa d ibuat dalam berbagai olahan.. Berikut ini adalah beberapa Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia yang sehat dan lezat.

Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia

1. Jenang Jagung

Bagi orang dahulu, jenang jagung menjadi makanan favorit. Jenang jagung di olah dengan cara di haluskan, kemudian di campur dengan gula, garam dan santan. Adonan kemudian di masak di atas api sampai mengental.

Setelah dingin, jenang di potong dadu. Dengan tambahan gula dan santan, rasa jagung jenang menjadi manis dan asin. Olahan seperti ini masih bisa Anda temukan di daerah Ponorogo, Malang, Surabaya, Banyuwangi atau kota-kota lain di Pulau Jawa.

2. Sega Jagung atau Nasi Jagung

Sega jagung atau nasi jagung dalah beras berbahan dasar dari jagung. Di beberapa daerah, nasi jagung masih banyak peminatnya. Hanya saja pengucapannya berbeda. Di Boyolali dan Blitar, misalnya, Anda akan menemukan nasi jagung dengan nama nasi ampok. Kemudian di daerah Madura, nasi ini lebih di kenal dengan nasi empog.

Nasi jagung terbuat dari jagung yang sudah tua, kemudian di haluskan dan dimasak. Seperti warna jagung aslinya, nasinya juga akan berwarna kuning. Nasi ini biasa di santap bersama sayuran dan lauk pauk, sama seperti nasi pada umumnya.

Baca Juga :  Hakikat Bahasa Indonesia

3. Grontol

Olahan khas jagung selanjutnya adalah grontol. Makanan ini juga sering di sebut bledus. Grontol atau bledus ini merupakan makanan tradisional khas Lumajang. Meski demikian, Anda juga bisa menemukan Grontol di beberapa daerah lain.

Untuk membuat grotol cukup sederhana. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu jagung, garam, kelapa parut, dan gula. Grontol akan di sajikan dengan parutan kelapa yang di taruh di atas jagung yang sudah matang karena di rebus.

Mungkin sulit untuk menemukan makanan ini di kota-kota besar, tetapi grontol masih banyak di jual di pasar tradisional.

4. Lepet Jagung

Selain grontol, olahan jagung yang sulit di temui bahkan di kota-kota besar adalah lepet jagung. Lepet jagung ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sajian lepet jagung yang menggunakan kulit jagung membuat makanan ini benar-benar unik.

Hidangan makan lepet jagung biasanya di sajikan dengan teh atau kopi untuk menjamu tamu. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, bahan yang anda butuhkan tidak sulit, sama seperti lepet pada umumnya. Hanya saja bungkusnya menggunakan daun pisang.

5. Bakwan jagung

Jika olahan jagung sebelumnya terasa manis, maka bakwan jagung rasanya asin dan gurih karena sudah di goreng. Bakwan jagung sangat mudah di temukan di Indonesia atau bahkan di buat sendiri di rumah.

Makanan ini biasanya di jadikan sebagai lauk pauk atau sebagai camilan bersama dengan kopi dan teh di sore atau malam hari. Cara menyiapkannya juga sangat sederhana, sama seperti membuat bakwan pada umumnya.

6. Jagung Bakar

Siapa yang tidak pernah makan jagung bakar? Ya, di ketahui juga bahwa jagung sangat enak jika di bakar. Untuk menikmati jagung bakar, Anda juga bisa menambahkan berbagai topping, seperti saus tomat, saus sambal, daging sapi panggang, keju dan beberapa topping lainnya.

Baca Juga :  Guru Harus Tahu Penggunaan Huruf Kapital dan Penggunaan Tanda Baca Yang Benar

Isinya bisa di sesuaikan dengan selera, bisa manis, asin, atau pedas. Jagung bakar biasanya menjadi teman saat merayakan tahun baru. Selain itu, Anda juga bisa menemukan penjual jagung bakar saat berlibur di tempat yang cukup sejuk atau dingin.

7. Jambudin atau Marning

Anda juga bisa menemukan jajanan jagung yang di sebut jambudin atau marning. Di daerah Madura, marning merupakan jajanan khas yang di sebut jambudin. Jajanan ini di buat dengan cara menggoreng biji jagung hingga kering.

Setelah kering, Anda juga bisa mengubahnya menjadi berbagai rasa. Bisa manis, asin atau pedas dan bisa juga di buat manis pedas tergantung selera. Rasa jagung goreng yang gurih membuat camilan ini enak.

8. Jagung Susu Keju (jasuke)

Makanan kesehatan jagung selanjutnya adalah jagung susu keju. Rasa manis dan asin dari jagung rebus juga bisa di nikmati dengan berbagai bumbu modern. Jika grontol untuk dinikmati dengan parutan kelapa, jasuke juga bisa dinikmati dengan parutan keju plus susu.

Rasanya pasti akan lebih mantap dan sesuai dengan bahasa anak muda masa kini. Selain topping yang manis, jasuke juga bisa di bumbui dengan saus balado, sehingga pecinta pedas tetap bisa menikmati jagung rebus sesuai selera. Meski di beri topping pedas, rasa jagungnya tetap enak dan gurih.

9. Tinutuan

Ada juga makanan khas dari Nusa Tenggara Timur yang menggunakan jagung sebagai bahan dasarnya. Tinutuan adalah makanan khas Manado. Di mana jagung tersebut akan di campur dengan labu kuning, nasi dan berbagai macam sayuran seperti bayam atau kangkung.

Orang NTT biasanya menyantap makanan yang hampir mirip dengan bubur ini sebagai menu sarapan. Bahkan lebih enak bila tinutuan di santap saat masih panas.

Baca Juga :  Literasi Itu Bukan Sekedar Membaca Saja

10. Jagung Bose

Berikut ini kuliner khas Indonesia yang bisa Anda temukan di NTT. Jagung bose merupakan makanan berbahan dasar jagung yang unik yang di temukan di NTT. Rasanya hampir sama dengan nasi, yaitu hambar. Biasanya, orang membuat roti jagung dengan memasak jagung dengan santan dan kacang merah.

Itulah beberapa Olahan Jagung dari Berbagai Daerah di Indonesia yang sangat bermanfaat karena jagung yang kaya akan nutrisi. Banyak sekali manfaat dari jagung yang menyebabkan banyak orang yang mengkonsumsinya. Selain rasanya yang enak, manfaat kesehatan dari mengkonsumsi jagung menjadi nilai tambah bagi yang mengkonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.